Sunday, June 16, 2013

Mengetahui Kerusakan Mesin Mobil melalui Kondisi Knalpot

Setelah mengulas bagaimana mengetahui kerusakan mesin melalui kondisi busi dan asap mobil, kali ini situs otomotif tipsmobilbaru.blogspot.com akan mengulas bagaimana mengetahui kerusakan mesin mobil melalui kondisi knalpot
knalpot mobil
Sebagaimana kita ketahui bahwa knalpot adalah salah satu komponen yang paling berhubungan dengan ruang bakar yang mana pembuangan mobil seperti emisi atau udara setelah dari ruang bakar akan disalurkan (dibuang) melalui knalpot. Keadaan knalpot yang bersih bisa mencerminkan kondisi mesin mobil, sebaliknya keadaan knalpot yang berjelaga karena oli atau berwarna hitam atau terdapat kerak akan mencerminkan kondisi mesin mobil yang kurang baik, kita bisa memeriksanya melalui ujung knalpot.
knalpot oli air

Secara umum terdapat 4 kondisi ujung knalpot yang bisa mencerminkan keadaan mesin, yakni:
Knalpot bersih dan berwarna keabu-abuan, hal ini menandakan mesin dalam kondisi baik, semua komponen dalam mesin berfungsi dengan normal (semestinya). Biasanya asap mobil juga tidak berwarna, sebagai catatan jika asap mobil meneteskan air atau mengeluarkan asap putih tipis saat baru dinyalakan pagi hari tidak termasuk kerusakan mesin (baca; kondisi asap mobil)
* Basah karena ada rembesan oli, keadaan seal klep yang telah getas, ring piston yang aus, atau baret pada dinding silinder dapat menyebabkan oli merembes ke ruang bakar dan keluar melalui knalpot. Cara memeriksa sangat mudah, yakni dengan meraba ujung knalpot apakah ada rembesan oli (basah dan bahkan oli sampai menetes), akan tetapi sebelum mengecek nyalakan dulu mobil dan cobalah injak gas sampai cukup dalam berulang-ulang seperti berusaha mengeluarkan sesuatu dari dalam knalpot (mengingat jika pecinta otomotif ingin mengecek mobil untuk dibeli kadang-kadang oleh pemiliknya sudah dibersihkan sampai ujung knalpot). Jika knalpot basah oleh oli dapat dipastikan bahwa ada kerusakan pada mesin mobil terutama pada bagian ruang bakar. Keadaan adanya rembesan oli ini biasanya dibarengi dengan kondisi asap yang keluar dari knalpot yang berwarna putih tebal dan tidak berhenti-berhenti.
kerusakan mesin dari knalpot
* Knalpot berwarna hitam dan berkerak karbon, hal ini disebabkan oleh tidak sempurna pembakaran yang terjadi ruang bakar. Hal ini bisa disebabkan oleh kotornya filter udara sehingga udara yang masuk tidak ideal, juga bisa disebabkan oleh buruknya kualitas api dari busi sehingga bensin yang masuk ruang bakar tidak terbakar semua dan sisanya dibuang melalui knalpot (baca; cara membersihkan filter udara). Cara mengecek cukup gampang yakni dengan meraba ujung knalpot apakah seperti ada debu karbon dan warna knalpot hitam?, biasanya kondisi seperti ini asap knalpot berwarna hitam dan tidak mau berhenti (gas dengan keras lalu lihat pula asap yang keluar)
asap hitam pada knalpot
Jika pecinta otomotif mengalami kondisi seperti nomor 3 (warna hitam atau berkerak) pecinta otomotif bisa membersihkan filter udara mobil dan mengganti busi mobil, akan tetapi jika terjadi seperti no 2 (asap putih oli menetes) mungkin pecinta otomotif bisa membawanya ke bengkel terpercaya karena sebenarnya untuk biaya mungkin tidak terlalu besar jika hanya mengganti seal klep saja atau ring piston saja.
sebagai catatan: kondisi mesin yang kurang sempurna selain mengurangi tenaga mobil juga membuat mobil lebih boros, ingin berhemat maka segera perbaiki :-)

18 comments:

  1. Bagaimana kalau knalpot berbau gosong saat mobil dihidupkan, apa yang rusak??

    ReplyDelete
  2. Asap mobil klo kena mata pedih. Kenapa bisa begitu pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terlalu banyak campuran bensin pak....setting karbu lagi

      Delete
  3. ada yg masak gosong kali

    ReplyDelete
  4. Kalo pagi kadang netes air kadang tidak itu kenapa pak

    ReplyDelete
  5. Kalo pagi kadang netes air ladang tidak itu kenapa pak

    ReplyDelete
  6. Kumat kumatan tuh namanya
    Wkwkwkwkkwkw

    ReplyDelete
  7. kira kira memperbaikinya berapa ya? saya gara' telat ganti oli nih

    ReplyDelete
  8. kalo knalpot berasap kenapa ya pak?
    padahal mobilnya ga nyala..

    ReplyDelete
  9. Izin Gan mobil crv saya gas buang nya bercampur bensin bahkan sampai netes benain nya, udah pusing gan ganti ECU tetap gantu TFT tetap mohon pencerahan nya trims agan2 yng baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. artinya bensin tidak terbakar sempurna di ruang bakar sampai ada sisa dibuang lewat knalpot. Coba bersihkan ruang bakar atau cek kompresi,,,
      kemungkinan besar ada yang tidak beres di ruang bakar:
      - bisa busi
      - ada baret di dinding silinder
      - piston rusak, dll
      coba cekkan ke bengkel resmi mas biar dilihat dan diobati oleh dokter spesialisnya.
      Yang aq tau memang CRV kalau sudah cukup uzur (10 tahun lebih) banyak yang tidak beres pada ruang bakarnya,,,bnayak yang berasap

      Delete
    2. kalau mobil saya (Suzuki katana) juga pernah dari asap knalpot berbau bensin, dibenerin timing pengapiannya oleh bengkel resmi suzuki sudah beres mas sekarang

      Delete
  10. Maaf pamula Mau Tanya Sama senior Mobil Saya Lgx2003 efi ada kendala Mobil hidup normal tidak berasap tapi Kenalpot ko Basah Kaya ada Oli setiap Abis jalan di gas besarpun tetap tidak ada asap Tolong Bantu solusi

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya kalau ada oli juga ada asap, oli sering masuk ke ruang bakar jika ring seher sudah lemah... dan tanda2nya asap.
      Coba masnya pas service rutin (tune up) tiap 5000 km sekaligus ganti oli sekalian tanyain masalah itu biar di cek sama mekanik bengkel mas

      Delete
  11. Mobil phanter saya oli nya habis terus keluar dari knalpot gmn benarun nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuh olinya bocor lewat ring seher kemungkinan, coba cekkan ke bengkel. mobil katana saya juga pernah kyak gitu, solusinya turun mesin

      Delete

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...