Setelah mengulas bagaimana mengetahui kerusakan mesin melalui kondisi busi dan asap mobil, kali ini situs otomotif tipsmobilbaru.blogspot.com akan mengulas bagaimana mengetahui kerusakan mesin mobil melalui kondisi knalpot.
Sebagaimana kita ketahui bahwa knalpot adalah salah satu komponen yang paling berhubungan dengan ruang bakar yang mana pembuangan mobil seperti emisi atau udara setelah dari ruang bakar akan disalurkan (dibuang) melalui knalpot. Keadaan knalpot yang bersih bisa mencerminkan kondisi mesin mobil, sebaliknya keadaan knalpot yang berjelaga karena oli atau berwarna hitam atau terdapat kerak akan mencerminkan kondisi mesin mobil yang kurang baik, kita bisa memeriksanya melalui ujung knalpot.
Secara umum terdapat 4 kondisi ujung knalpot yang bisa mencerminkan keadaan mesin, yakni:
* Knalpot bersih dan berwarna keabu-abuan, hal ini menandakan mesin dalam kondisi baik, semua komponen dalam mesin berfungsi dengan normal (semestinya). Biasanya asap mobil juga tidak berwarna, sebagai catatan jika asap mobil meneteskan air atau mengeluarkan asap putih tipis saat baru dinyalakan pagi hari tidak termasuk kerusakan mesin (baca; kondisi asap mobil)
* Basah karena ada rembesan oli, keadaan seal klep yang telah getas, ring piston yang aus, atau baret pada dinding silinder dapat menyebabkan oli merembes ke ruang bakar dan keluar melalui knalpot. Cara memeriksa sangat mudah, yakni dengan meraba ujung knalpot apakah ada rembesan oli (basah dan bahkan oli sampai menetes), akan tetapi sebelum mengecek nyalakan dulu mobil dan cobalah injak gas sampai cukup dalam berulang-ulang seperti berusaha mengeluarkan sesuatu dari dalam knalpot (mengingat jika pecinta otomotif ingin mengecek mobil untuk dibeli kadang-kadang oleh pemiliknya sudah dibersihkan sampai ujung knalpot). Jika knalpot basah oleh oli dapat dipastikan bahwa ada kerusakan pada mesin mobil terutama pada bagian ruang bakar. Keadaan adanya rembesan oli ini biasanya dibarengi dengan kondisi asap yang keluar dari knalpot yang berwarna putih tebal dan tidak berhenti-berhenti.
* Knalpot berwarna hitam dan berkerak karbon, hal ini disebabkan oleh tidak sempurna pembakaran yang terjadi ruang bakar. Hal ini bisa disebabkan oleh kotornya filter udara sehingga udara yang masuk tidak ideal, juga bisa disebabkan oleh buruknya kualitas api dari busi sehingga bensin yang masuk ruang bakar tidak terbakar semua dan sisanya dibuang melalui knalpot (baca; cara membersihkan filter udara). Cara mengecek cukup gampang yakni dengan meraba ujung knalpot apakah seperti ada debu karbon dan warna knalpot hitam?, biasanya kondisi seperti ini asap knalpot berwarna hitam dan tidak mau berhenti (gas dengan keras lalu lihat pula asap yang keluar)
Jika pecinta otomotif mengalami kondisi seperti nomor 3 (warna hitam atau berkerak) pecinta otomotif bisa membersihkan filter udara mobil dan mengganti busi mobil, akan tetapi jika terjadi seperti no 2 (asap putih oli menetes) mungkin pecinta otomotif bisa membawanya ke bengkel terpercaya karena sebenarnya untuk biaya mungkin tidak terlalu besar jika hanya mengganti seal klep saja atau ring piston saja.
sebagai catatan: kondisi mesin yang kurang sempurna selain mengurangi tenaga mobil juga membuat mobil lebih boros, ingin berhemat maka segera perbaiki :-)
Bagaimana kalau knalpot berbau gosong saat mobil dihidupkan, apa yang rusak??
ReplyDeleteBau gosong brti ada yg terbakar
ReplyDeleteBau gosong brti ada yg terbakar
ReplyDeleteAsap mobil klo kena mata pedih. Kenapa bisa begitu pak?
ReplyDeleteTerlalu banyak campuran bensin pak....setting karbu lagi
Deleteada yg masak gosong kali
ReplyDeleteKalo pagi kadang netes air kadang tidak itu kenapa pak
ReplyDeleteKalo pagi kadang netes air ladang tidak itu kenapa pak
ReplyDeleteKumat kumatan tuh namanya
ReplyDeleteWkwkwkwkkwkw
kira kira memperbaikinya berapa ya? saya gara' telat ganti oli nih
ReplyDeletekalo knalpot berasap kenapa ya pak?
ReplyDeletepadahal mobilnya ga nyala..
Izin Gan mobil crv saya gas buang nya bercampur bensin bahkan sampai netes benain nya, udah pusing gan ganti ECU tetap gantu TFT tetap mohon pencerahan nya trims agan2 yng baik
ReplyDeleteartinya bensin tidak terbakar sempurna di ruang bakar sampai ada sisa dibuang lewat knalpot. Coba bersihkan ruang bakar atau cek kompresi,,,
Deletekemungkinan besar ada yang tidak beres di ruang bakar:
- bisa busi
- ada baret di dinding silinder
- piston rusak, dll
coba cekkan ke bengkel resmi mas biar dilihat dan diobati oleh dokter spesialisnya.
Yang aq tau memang CRV kalau sudah cukup uzur (10 tahun lebih) banyak yang tidak beres pada ruang bakarnya,,,bnayak yang berasap
kalau mobil saya (Suzuki katana) juga pernah dari asap knalpot berbau bensin, dibenerin timing pengapiannya oleh bengkel resmi suzuki sudah beres mas sekarang
DeleteMaaf pamula Mau Tanya Sama senior Mobil Saya Lgx2003 efi ada kendala Mobil hidup normal tidak berasap tapi Kenalpot ko Basah Kaya ada Oli setiap Abis jalan di gas besarpun tetap tidak ada asap Tolong Bantu solusi
ReplyDeletebiasanya kalau ada oli juga ada asap, oli sering masuk ke ruang bakar jika ring seher sudah lemah... dan tanda2nya asap.
DeleteCoba masnya pas service rutin (tune up) tiap 5000 km sekaligus ganti oli sekalian tanyain masalah itu biar di cek sama mekanik bengkel mas
Mobil phanter saya oli nya habis terus keluar dari knalpot gmn benarun nya
ReplyDeletetuh olinya bocor lewat ring seher kemungkinan, coba cekkan ke bengkel. mobil katana saya juga pernah kyak gitu, solusinya turun mesin
Delete