Tuesday, June 11, 2013

Mobil LCGC Suzuki Wagon R dan Alto

tipsmobilbaru.blogspot.com - Pekan Raya Jakarta yang dihelat beberapa hari lalu ternyata digunakan suzuki untuk mengenalkan mobil LCGC setelah aturan mobil murah ini diteken pemerintah bulan lalu.
Tercatat ada 2 mobil baru yang masuk kategori LCGC yang dipamerkan Suzuki yakni Suzuki Wagon R dan Suzuki Alto, khusus untuk Suzuki Alto memang masih belum diberi nama Indonesia sementara Alto sendiri adalah nama mobil yang dipamerkan versi Amerika dan Eropa (mobil ini di AS maupun Eropa bernama Alto).

Ke dua mobil baru tersebut rencananya akan dikeluarkan paling lambat tahun 2014 (paling cepat bulan depan mobil LCGC sudah tidak ada atau 0 %), yang mana rata-rata mobil LCGC seperti Ayla atau Agya akan dikeluarkan paling lambat tahun 2014. Jika melihat pasar mobil segmen LCGC ini memang ada yang telah keluar seperti Mitsubishi Mirage, akan tetapi mobil kelas LCGC yang telah keluar harganya masih cukup tinggi karena masih dibebani dengan PPNBM (tahun 2014 PPNBM untuk
Selain suzuki yang memperkenalkan Wagon R dan Alto, beberapa pabrikan otomotif juga sedang berancang-ancang untuk memproduksi mobil LCGC ini seperti Chevrolet (GM), Tata, Datsun dan Honda. sedangkan pabrikan otomotif yang sudah memproduksi mobil LCGC tapi dijual dengan beban pajak antara lain:
- Mitsubishi Mirage
- Honda Brio
Sedangkan pabrikan mobil yang telah membuat mobil LCGC tapi belum dijual karena pertimbangan regulasi dan harga adalah: Toyota Agya dan Daihatsu Ayla.
Praktis dalam beberapa bulan kedepan Indonesia akan kebanjiran mobil-mobil murah hemat BBM (siap-siap menunggu), mobil-mobil ini semuanya memiliki konsumsi BBM paling boros 1:20 (irit bukan, seperti motor). Harga mobil ini nantinya akan bersaing pada level 100 juta kebawah, sedangkan beberapa ornamen interior seperti AC, Power Steering, Power Window, Sistem Audio, Peredam Kabin, dan lain-lain juga dikurangi kualitasnya bahkan bisa jadi dihilangkan.
Menurut sumber dari beberapa rekan media elektronik bahwa Suzuki Wagon R rencananya akan keluar dalam waktu dekat (bulan ini atau bulan depan), Suzuki Wagon R akan menggantikan Suzuki Karimun Estilo sedangkan Suzuki Alto akan keluar setelah Wagon R (kemungkinan akhir tahun 2013 atau awal 2014).
Spesifikasi Suzuki Wagon R
* Kapasitas Silinder : 998 cc atau 1000 cc
* Jumlah Silinder : 3
* Tenaga : 68 Hp pada putaran mesin 6200 Rpm
* Torsi maksimum : 90 Nm pada putaran mesin 3500 Rpm
* Harga Maksimum : 80 Juta an (perkiraan)
* Konsumsi BBM : 20 Km per 1 Liter BBM
* Interior: Power Window, AC, Sistem Audio, Seatbelt
* Daya Muat Penumpang : kapasitas 4 orang (ideal), 5 orang (maksimal)
* Desain eksterior: desain sewarna body (bumper, gagang pintu, spion)
Kelebihan Suzuki Wagon R adalah pada kabin yang cukup lapang (atap kabin tidak terlalu pendek). Desain mobil Wagon R sangat fungsional mulai dengan adanya rack roof, wiper belakang, bagasi dan kabin luas, lampu sein dan karet pelindung pada sisi-sisi mobil, dll.
Mobil LCGC suzuki ini memiliki kelemahan pada desainnya yang kurang menarik (tidak semenarik mobil-mobil suzuki lain seperti Splash dan Swift), mungkin admin lebih sepakat kalau mobil ini dikatakan Mini MPV.
yang berminat silahkan menunggu ya :-)

9 comments:

  1. haha tuh suzuki alto ada di gambar paling atas

    ReplyDelete
    Replies
    1. wagon r bos farhan,,,, alto blum berani nampilin gambarnya nanti didamprat sama orang2, alto keluarnya setelah wagon r
      tapi kurang lebih hampir sama dengan wagon modelnya

      Delete
    2. Itu loh di yang paling atas tulisan tipsmobilbaru,ada grand vitara, karimun, swift banyak lagi.

      Delete
    3. oh itu ngambil dr luar bos,,,gambarnya bagus...
      kalo di Eropa sama amerika sudah keluar lama Suzuki Alto, kalo di India namanya A star...
      di Indo masih belum diberi nama bos farhan

      Delete
    4. hahaha, suzuki emg banyak city carnya yah. Oh ya kalau boleh, saya minta dibuatkan ulasan ttg Jimny jangkrik, sama kia sportage yang generasi pertama tahun 2000an, perihal sparepart, tenaga, akselerasinya, konsumsi bbmnya, dll. Kalau perlu ketebalan bodynya juga, kalo setipis gran max mah ga mau :D

      Delete
    5. Oke Bos,,, Sipp, buat bajak sawah jimny jangkrik...
      oke bos,,,besok aja

      Delete
  2. mesinnya sama aja kayak karimun tuh

    ReplyDelete
  3. Area Jawa Tengah - DIY minat T120SS, L.300, Truck FE, Truck FN, Outlander, Pajero, Mirage..................
    Phone SMS : 085 643 226 777
    Pin BB: 22c7b9d6
    Terima Kasih

    ReplyDelete

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...