Wednesday, January 2, 2013

Mengatasi Rem Mobil Agar Tidak Menderit

Banyak dari pemilik mobil yang enggan melakukan perawatan pada rem mobilnya meskipun si pemilik mobil tahu bahwa rem sedang dalam kondisi tidak prima, hal ini selain dikarenakan kebiasaan pemilik menyerahkan ke bengkel atas masalah rem yang sebenarnya mudah diatasi bagaimanapun juga membawa mobil ke bengkel pastilah membutuhkan biaya meskipun hanya service salah satu komponen mobil atau rem mobil.
Masalah derit atau bunyi menderit pada rem adalah masalah yang sudah umum dialami mobil, bunyi derit ini terasa sangat tidak nyaman bagi pemilik mobil selain itu fungsi rem juga tidak sepakem/ seoptimal rem yang terawat. Bunyi rem menderit ini biasanya disebabkan oleh adanya banyak kotoran seperti debu, residu oli/ gemuk yang ada di cakram dan tromol.
Untuk mengatasi atau menghilangkan derit pada rem mobil ini tidaklah sulit karena kita hanya butuh membersihkan cakram dan tromol mobil, peralatan yang dibutuhkan juga terbilang sederhana antara lain kunci untuk membuka velg, lap (kain bersih), kompresor kalau ada jika tidak ada gunakan kuas yang halus, cairan pembersih rem atau brake cleaner yang bisa dibeli di bengkel/ toko sparepart mobil.
Ada 2 komponen yang harus kita bersihkan untuk mengatasi masalah pada rem ini, antara lain adalah cakram dan tromol. Kita akan membahas satu persatu:
Membersihkan Cakram
Langkah-langkah membersihkan cakram:
1. Bukalah velg atau roda dengan kunci velg mobil, pastikan roda sudah terlepas dan terlihat cakram mobil
2. Semrotkan cairan pembersih rem mobil atau brake cleaner yang sudah anda beli ke cakram yang terlihat tersebut dengan merata, jarak penyemrotan antara cakram dan brake cleaner sekitar sepuluh sampai 15 centimeter. semprotkan dengan merata agar piringan cakram basah
3. Lap dengan kain bersih yang sudah disiapkan, sekaligus membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel pada cakram rem tersebut
4. Setelah di lap bersih, lakukan penyemprotan sekali lagi seperti langkah kedua, setelah bersih lakukan pengelapan dengan lap kembali seperti langkah ketiga diatas. (diulang) agar cakram benar-benar bersih.
Jika anda bisa melepas kampas rem mobil itu lebih bagus (lebih bersih), akan tetapi jika tidak bisa tidak masalah lakukan seperti langkah diatas.
Membersihkan Tromol Rem
Cara membersihkan tromol hampir sama dengan cakram, yang berbeda hanya cara melepas tromol dari rumahnya, berikut ini langkah-langkah membersihkan tromol mobil:
1. Setelah anda melakukan pelepasan roda pada langkah pertama membersihkan cakram diatas maka akan terlihat tromol, lepas tromol tersebut dengan cara diketok menggunakan palu secara hati-hati atau perlahan saja untuk mempermudah melepas tromol dari rumahnya.
2. Setelah terlepas kondisi tromol akan terlihat banyak debu/ residu pada tromol, bersihkan debu tersebut dengan kompresor jika ada, jika tidak ada bisa menggunakan kuas halus yang sudah disiapkan.
3. Jika debu sudah bersih atau berkurang lakukan penyemprotan dengan brake cleaner seperti langkah 2-3-4 seperti pada cara membersihkan cakram diatas.
4. Jika tromol sudah bersih maka tromol sudah bisa dipasang.
Semoga tips sederhana mengatasi rem mobil agar tidak menderit ini bisa memberikan manfaat bagi penggemar otomotif.

2 comments:

  1. Nice info.....thanks buat sharenya.....

    ReplyDelete
  2. Mantep gan, tapi susah juga ya gan:) enak dibawa keengkel

    Tapi thanks & salam kenal

    www.minyakhiu.com
    Nutrisi ajaib dari samudera indonesia

    ReplyDelete

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...