Sunday, September 9, 2018

Penyebab mobil Mobil Ndut Ndutan saat di Rem, bisa jadi As roda

Nah pernahkah pecinta otomotif mengalami mobil ndut-ndutan saat di rem? atau pedal rem mobil terasa naik turun saat di injak? Kali ini admin tipsmobilbaru.blogspot.com akan sedikit bercerita tentang pengalaman membenahi mobil yang ndut-ndutan saat di rem.
Pecinta otomotif pasti banyak mengira kalau mobil ndut-ndutan saat di rem masalahnya adalah pada bagian rem misalnya pada: cakram mobil yang bergelombang atau tromol mobil yang tidak rata, dan biasanya solusinya adalah dengan cara membubut piringan cakram atau tromol yang bermasalah tersebut seperti yang admin tipsmobilbaru.blogspot.com lakukan beberapa waktu lalu...
Ternyata memperbaiki rem bahkan sampai overhoul yang admin lakukan pada mobil tidak menyelesaikan permasalahan yang admin alami yakni ndut-ndutan. Tak berapa lama setelah perbaikan mobil menjadi ndut-ndutan lagi! Lalu apa penyebabnya? rem sudah diperbaiki sedemikian rupa tertapi masih saja ndut ndutan
Awal mula masalah
Dulu mobil saya (admin tipsmobilbaru.blogspot.com) baik-baik saja, enak saja untuk mengerem....sampai suatu saat As roda mobil saya putus. Ternyata As mobil putus karena perlakuan dari pemilik mobil sebelumnya yang mengelas As mobil, padahal seharusnya jika terjadi masalah pada As mobil tidak boleh sekali-kali di las karena Baja As akan menjadi tua dan mudah patah.
Nah karena terburu-buru saya membeli as mobil seadanya saja (bukan As original) di bengkel yang tidak resmi (bukan bengkel resmi) seharga 550 ribu rupiah... dan As roda berhasil dipasang dan mobil bisa kembali berjalan normal
Tetapi beberapa hari kemudian mulai terasa saat mengerem mobil menjadi ndut-ndutan.... Nah apa masalahnya? apakah karena rem bermasalah akibat putusnya as mobil tersebut?
Perbaikan yang pernah dilakukan pada rem
Perbaikan-perbaikan terus saya lakukan untuk menghilangkan ndut-ndutan tersebut, karena saya menyadari itu akan sangat berbahaya jika terus menerus seperti itu (rem adalah nyawa). Beberapa perbaikan yang pernah saya lakukan antara lain:
- Mengganti kampas ke empat roda
- Menguras dan mengganti minyak rem
- Service (overhoul) bongkar semua sistem rem dan benahi
- Mengganti piston rem
- Membubut tromol
- Mengganti tromol
Dari semua perbaikan yang admin tipsmobilbaru.blogspot.com lakukan ternyata hasilnya nihil, mobil tetap ndut-ndutan saat di rem
Saran dari bengkel terbaru
Kemarin saya ke bengkel saat mengganti tromol, menggantinya dengan tromol yang original... saya berdiskusi lama dengan pihak bengkel sampai bengkelnya mengatakan kalau diganti tromol oroginal masih ndit-ndutan, maka masalahnya adalah pada As roda yang dulu pernah diganti tetapi diganti dengan As roda yang bukan originalnya?
Dalam pikiran saya mungkin hal itu benar karena As roda yang bukan original kemungkinan tidak sempurna/ tidak presisi/ tidak lurus sehingga menyebabkan tromol juga bergoyang-goyang saat di rem. Dan sebenarnya As roda yang tidak lurus juga menyebabkan ban bergoyang saat berjalan tetapi admin tipsmobilbaru.blogspot.com tidak merasa. Merasanya hanya saat di rem mobil terasa ndut-ndutan
Kesimpulan
Memang mobil ndut-ndutan kebanyakan adalah masalah pada sistem rem (tromol/ cakram), tetapi pembaca tipsmobilbaru.blogspot.com juga jangan lupa hal ini bisa disebabkan oleh masalah lain yakni masalah pada As mobil.
As mobil yang pernah cacad atau mengganti As mobil dengan yang bukan originalnya akan berakibat ban menjadi goyang-goyang, terlebih saat di rem yang mana Tromol terkait langsung dengan As mobil... saat as mobil berputar tidak rata tentunya tromol akan bergoyang-goyang, dan saat kita menginjak pedal rem maka akan terasa goyangan tromol itu... pedal terasa naik turun karena tromol yang bergoyang akibat As yang tidak lurus, sementara mobil akan terasa ndut-ndutan saat di rem.
Saran
Jika pecinta otomotif mengalami hal yang sama dengan admin tipsmobilbaru.blogspot.com yakni mobil mengalami ndut-ndutan setelah mengganti As mobil, maka masalahnya bukan pada Rem tetapi masalahnya pada As Roda mobil.... Nah setelah mengetahui ini pecinta tipsmobilbaru.blogspot.com tidak bingung lagi bukan? sudah tahu penyebabnya bukan rem ✌

No comments:

Post a Comment

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...