Sunday, May 25, 2014

Tips Membersihkan dan Merawat Lampu Mobil yang Buram

Lampu mobil buram dapat terjadi pada bagian mana saja mulai dari lampu utama depan (head lamp), lampu sein maupun lampu belakang mobil. Mika lampu depan yang buram misalnya dapat menurunkan daya sorot (kualitas pencahayaan) dari lampu itu sendiri sehingga kurang maksimal sehingga mengemudi menjadi lebih sulit
Mika lampu yang buram banyak disebabkan oleh : rumah kemasukan air, kemasukan embun, tersumbatnya lubang angin, kemasukan debu, sering terpapar sinar matahari, penggunaan daya lampu yang besar atau faktor umur mika lampu.
Cara membersihkan mika lampu mobil buram adalah dengan cara menggosok mika lampu dengan cairan pembersih mika yang banyak tersedia di pasaran (bengkel perawatan mobil), selain mika lampu menjadi bening baret-baret ringan pada mika lampu juga akan menghilang.

Proses pembersihan mika lampu ini adalah dengan mencopot mika lampu, mencuci dengan bersih lalu mengoleskan cairan pembersih mika lampu lalu menggosoknya dengan busa/ kain, prinsipnya adalah menggerus permukaan mika sehingga bagian luar yang rusak (buram) akan terkelupas (mirip pemakaian kit pada cat mobil, yang perlu diperhatikan adalah waktu mencopot mika mobil yang harus dilakukan secara hati-hati karena pencopotan yang dipaksa dapat menyebabkan kerusakan mika.
Setelah mika lampu mobil bening (bersih), pecinta otomotif bisa mencegah terjadinya buram kembali pada lampu dengan cara:
1. gunakan lampu dengan daya yang sesuai, penggunaan lapu dengan daya yang besar dapat membuat mika cepat menguning atau cepat getas, hal ini disebabkan pabrikan otomotif sebenarnya telah mengukur daya tahan mika lampu terhadap sorot lampu dan menyesuaikannya dengan standar
2. perhatikan karet penutup bohlam, karet penutup bohlam ini kadang-kadang robek/ getas, jika ini terjadi segera ganti dengan yang baru karena karet penutup bohlam yang getas/ robek dapat menyebabkan masuknya debu atau kotoran lain pada rumah lampu
3. perhatikan sil penutup mika, sil penutup mika ini sangat mudah dilihat karena berada di luar rumah lampu. Jika sil ada yang robek/ berlubang/ getas maka akan sangat budah bagi air dan debu masuk rumah lampu, ganti atau benahi sil ini
4. jaga kebersihan kap mesin terutama untuk mesin mobil yang didepan, kotornya mesin dapat membuat debu/ kotoran dari ruang mesin masuk melewati bohlam lampu, jika perlu gunakan isolasi untuk merapatkan lubang-lubang yang mungkin menjadi jalan masuk debu dari ruang mesin ke rumah lampu.

No comments:

Post a Comment

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...