Saturday, May 17, 2014

Pertimbangan Mengganti Velg Mobil

Velg mobil adalah bagian yang amat penting pada mobil yang berfungsi  sebagai tumpuan beban (yang mengangkat semua beban mobil dan isinya). Velg pada dasarnya telah diatur oleh produsen otomotif agar sesuai dengan peruntukan mobil misalnya diameter velgnya, lebar velgnya, jumlah lubang baut, material, dan spesifikasi lainnya.

Mengganti Velg mobil memang sangat bisa meningkatkan performa mobil jika dilakukan dengan benar, akan tetapi jika asal mengganti maka akibatnya bisa menurunkan performa mobil misalnya: roda yang bergetar pada kecepatan tinggi, roda mudah tergelincir/ kehilangan keseimbangan saat berbelok, sampai pecahnya velg jika material yang dipakai tidak memenuhi standart.
Secara teknis tips mengganti velg bisa dilihat pada artikel tentang Mengganti Velg Racing
Sedangkan secara umum hal yang dipertimbangkan atau menjadi pertimbangan dalam mengganti velg mobil antara lain:
1. Tujuan atau keperluan dalam mengganti velg
Mengganti velg mobil memiliki tujuan yang bermacam-macam antara lain meningkatkan performa mobil, mempercantik tampilan mobil, mengganti velg yang sudah rusak. Tentukan tujuan dalam mengganti velg terlebih dahulu
2. Model velg
Untuk mobil-mobil kecil seperti city car akan lebih baik menggunakan velg dengan tian-tiang yang sedikit/ kecil karena lebih ringan dan tidak menguras tenaga mobil, mobil-mobil perkotaan ini biasanya cukup ringan sehingga tidak memerlukan velg yang tebal dan berat.
Untuk mobil dengan tenaga yang cukup besar bisa memilih velg yang lebih lebar agar mobil lebih stabil dan tiang-tiang penyangga juga bisa memilih yang lebih tebal misalnya untuk mobil MPV
3. Material dan Berat (bobot)
Semakin ringan velg mobil biasanya bahan yang digunakan juga semakin bagus dan harganya semakin mahal, gunakan velg seringan mungkin dengan material yang berkualitas dan sesuaikan dengan kantong
4. Ukuran velg
Ukuran velg ini meliputi lebar tapak, diameter atau jari-jari dan off-set (ET). Semakin lebar tapak ban akan memberikan kestabilan pada mobil akan tetapi akselerasi menjadi lebih berat dan sebaliknya, semakin besar diameter akan meningkatkan kestabilan dan kecepatan mobil akan tetapi mengurangi akselerasi mobil dan sebaliknya jika diameter lebih kecil, Off set adalah seberapa cekung bagian tengah velg dibanding bagian pinggir velg.
5. Center Ring berfungsi untuk menahan agar velg tetap berada di tengah hub roda sehingga posisi roda akan tetap ditengah meskipun roda berputar, pemasangan center ring ini sering disepelekan padahal center ring sangat berperan pada posisi velg tetap di tengah dan menjaga kestabilan mobil terutama jika roda berputar dengan membawa beban.
6. Sebisa mungkin jangan menggunakan adaptor pada pemasangan baut karena berpotensi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, gunakanlah velg yang memiliki lubang baut sesuai dengan velg standar mobil baik jumlah - letak - dan ukurannya

No comments:

Post a Comment

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...