tipsmobilbaru.blogspot.com - Pecinta Otomotif tentunya sudah tidak asing dengan keadaan kehilangan kendali (handling) pada mobil saat melaju, ada 2 macam istilah pada loss handling ini yakni:
1. Understeer : merupakan kehilangan kendali yang disebabkan oleh berkurangnya daya cengkram ban depan, kita bisa merasakan understeer ini ketika kemudi sulit dikendalikan (tidak sesuai keinginan kita) atau sering dikatakan slip ban depan.
Kecenderungan mobil akan berjalan lurus meskipun sudah kita belokkan, penyebabnya bermacam-macam mulai kecepatan, kondisi jalan atau pada tikungan. Understeer ini akan sangat berbahaya saat pengemudi panik sehingga bukan malah mengendalikan mobil tapi malah tidak bisa mengendalikan mobil akibat kepanikan atau konsentrasi yang terganggu.
2. Oversteer: adalah kehilangan kendali mobil yang disebabkan oleh ban belakang yang mengalami kekurangan daya cengkram ke aspal (kebalikan Oversteer), pada oversteer ini mobil mengalami kecenderungan berbelok (ban belakang melintir), jika hal ini yang terjadi mobil akan berbelok tetapi arahnya tidak bisa kita tentukan yang mana sangat berbahaya jika berbelok ke tempat yang berbahaya misalnya ke kanan atau ke jurang. Hal ini akan semakin berbahaya jika pengemudi panik dan salah mengantisipasi.
Saat terjadi Understeer
Jika pecinta otomotif mengalami kehilangan kendali (daya cengkram ban) bagian depan maka terbaik dilakukan adalah:
1. Segera perlambat laju mobil sampai daya cengkram ban depan pulih
2. Jangan memutar setir lagi (menambah putaran setir), hal ini akan semakin menyebabkan mobil understeer
3. Gas mobil dikurangi pelan atau gradual
4. Putaran stir dikurangi
Saat terjadi Oversteer
Jika terjadi oversteer maka yang tips (cara mengatasi) yang bisa dilakukan pengemudi adalah:
1. Jangan menambah rem
2. Posisi tangan jangan sampai terlepas dari setir (untuk mengendalikan)
3. Persiapkan "Countersteer" membalas belokan akan tetapi tidak membalas dengan berlebihan
4. Untuk mobil berpenggerak roda belakang, kurangi tekanan pedal gas
5. untuk mobil penggerak roda depan, pengemudi bisa menambah gas secukupnya
6. Arahkan fokus mata pada titik yang di tuju
7. yang terakhir bersiaplah mengembalikan posisi setir ke jalur semula
terima kasih tipsnya, admin..
ReplyDelete