Thursday, April 4, 2013

Tips Rem Mobil di Jalan Pegunungan Berliku dan Curam

Pecinta otomotif yang gemar ke daerah pegunungan pasti sudah mengetahui dengan baik masalah track-track tanjakan maupun turunan yang berliku, bagi yang masih awam tentang jalan seperti ini tentunya harus memahami bagaimana cara melakukan pengereman yang benar pada saat menemui lintasan seperti ini. Beberapa hal yang  harus pecinta otomotif perhatikan saat melalui jalan dengan karakter turun berliku secara terus menenus adalah:
1. Pandanglah kondisi jalan sejauh mungkin atau seluas mungkin untuk mengurangi perlambatan yang bersifat mendadak (cepat), lakukan perlambatan pada jalan yang datar atau permukaan yang landai.
2. Manfaatkan rem mesin (transmisi), menggunakan mobil dengan transmisi manual akan sangat berguna saat mobil dalam keadaan seperti ini, penggunaan transmisi (gigi) yang tepat dapat mengurangi laju mobil dan meringankan kerja brake (rem) pada mobil.
3. Jangan menginjak rem dengan terus menerus (gunakan rem mesin), jika rem di injak terus menerus maka cakram bisa memanas (peningkatan suhu pada sistem rem) yang mana hal ini bisa mengurangi kualitas pengereman saat diperlukan dengan mendadak.
4. Jika pengemudi merasa rem sudah tidak bisa bekerja dengan maksimal (terjadi brake fading) pengemudi lebih baik mengistirahatkan mobil sambil makan dulu :-) (30 menit sampai 1 jam) agar suhu rem menjadi turun dan posisi logam (kampas, cakram, minyak rem, dan lain-lain) menjadi normal. hindari mendinginkan komponen dengan cara menyiram air karena dapat merusak komponen

No comments:

Post a Comment

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...