Saturday, April 13, 2013

Merawat Wiper Mobil dan Washer

tipsmobilbaru.blogspot.com - Pecinta otomotif tentunya menginginkan wiper yang mampu memberikan kinerja maksimal saat dibutuhkan misalnya dalam keadaan hujan deras atau pun saat mobil melewati lintasan yang cukup berat seperti berlumpur.  
Wiper mobil yang pada dasarnya digunakan untuk membersihkan air bisa juga digunakan membersihkan benda lain yang tiba-tiba menempel pada kaca saat dalam perjalanan misalnya cipratan lumpur, daun, kotoran burung, getah pohon atau yang lain.

Merawat wiper mobil tidak dapat dipisahkan dengan washer mobil yakni penyemprot air yang diperlukan saat sebelum penggunaan wiper pada kondisi kering, penggunaan washer ini berfungsi untuk melicinkan karet wiper agar tidak memberet kaca mobil. Ketepatan semprotan air dengan kuantitas yang cukup diperlukan agar wiper bekerja secara maksimal, mengingat banyak juga kita jumpai pada mobil bekas washer yang sering tidak mengeluarkan air meskipun pompa elektrik masih bekerja normal, berikut ini cara perawatan washer mobil.
Merawat Washer Mobil

* Cek kondisi tabung air washer. Kebanyakan pada mobil bekas tabung air ini kotor oleh kerak akibat pengisian air sembarangan, endapan yang menupuk dan lamanya usia mobil. Jika terdapat kerak bersihkan menggunakan sikat
* Isilah air pada tabung washer ini menggunakan air suling (air aki dengan tutup berwarna biru), penggunaan air suling ini bisa meminimalkan terjadinya endapan atau kotoran yang menimbulkan kerak. Campur air suling dengan cairan wiper fluid yang berfungsi melicinkan air dan sapuan karet wiper nantinya, jangan menggunakan sabun biasa yang menyebabkan tersumbatnya saluran air washer
* Cek arah dan kuantitas semprotan, jika kuantitas air terlalu sedikit bersihkan nosel penyemrot dengan jarum. Jika nosel tidak memberikan arah penyemprotan yang tepat arahkan nosel dengan menggunakan jarum tersebut, intinya bersihkan dan atur nosel dengan jarum agar berfungsi secara normal
Jika terjadi permasalahan pada washer, penanganannya adalah sebagai berikut:
1. Cabut selang yang ada pada bagian bawah reservoir, tekan switch washer dan periksa apakah air bisa mengalir. Jika tidak mengalir maka coba cek selang air washer pada bagian dalam kap mesin.
2. Saat switch ditekan kemungkinan pompa tidak berfungsi masih ada, jika hal ini terjadi periksa konektor atau sambungan kabel yang menuju ke pompa elektrik
3. Periksa juga pada bagian sambungan T yang berfungsi membagi kuantitas air semprotan jika memiliki washer 2, bersihkan dengan teliti T tersebut (hal ini sering terjadi dimana T ini kotor sehingga malah menyumbat air)
4. Bersihkan nosel dan selang menggunakan kompresor dan jarum, pasang washer agar memberikan semprotan yang tepat dan cukup kuat, hindari posisi nosel yang menyemprotkan air terlalu rendah sampai menghalangi pandangan pengemudi.
Merawat Wiper Mobil
Karet wiper sangat rentan terhadap panas matahari (suhu panas), jika karet wiper terkena panas secara terus menerus maka karet wiper akan mudah getas atau kehilangan elastisitasnya apa lagi terkena panas dingin yang berulang-ulang (cepat sekali getas). Jika karet wiper getas maka tidak akan mampu memberikan sapuan pada air hujan secara maksimal dan sangat beresiko merusak kaca (beret). Suhu panas pada wiper ini biasanya terjadi akibat terik matahari yang menyengat kaca kemudian memanaskan karet wiper yang menempel pada kaca, belilah stand wiper sehingga saat kaca mobil terkena terik matahari tidak menyalur pada karet wiper mobil. Stand wiper ini juga berfungsi untuk menghindarkan karet wiper dari debu yang dapat merusak kaca saat wiper digunakan. Di bawah ini adalah permasalahan wiper dan solusinya.
WIPER BERGERAK LAMBAT
Jika pecinta otomotof mengalami wiper yang bergerak lambat, paling tidak ada 3 hal yang perlu di lihat antara lain:
* Tahanan dalam koil kotor, bersihkan debu dan kerak yang menempel pada bagian tahanan yang menuju pengganti arus besar.
* Poros engkol yang macet, hal ini biasanya terjadi karena korosi, semprotkan cairan penghilang korosi dan coba gerakkan
* Tombol kontak tidak berfungsi, cara cek adalah dengan menghubungkan kabel plus dan minus rangkaian kabel diluar tombol kontak. Bila terjadi bunga api dan rangkaian bergerak maka tombol kontak memang bermasalah (ganti)
* Dinamo/ motor listrik bermasalah, hal ini jika ke 3 hal di atas sudah benar tapi wiper masih lambat maka pecinta otomotif bisa mengecek motor listrik apakah masih bekerja dengan baik, jika sudah kehilangan kinerja terbaiknya maka pecinta otomotif bisa pergi ke bengkel dinamo untuk mengembalikan performa/ memperbaiki motor listrik wiper tersebut.
WIPER TIDAK BERGERAK/ MATI
Jika hal ini terjadi sebenarnya cukup mudah untuk mendeteksi kerusakannya, paling tidak pecinta otomotif bisa memeriksa 3 hal dibawah, yakni:
* Sekring wiper putus atau rusak, cek sekring apakah masih baik, bisa dilihat dari suhu sekring dan arus listrik yang mengalir setelah sekring
* Cek kabel, periksa sambungan-sambungan kabel apakah dalam kondisi yang baik, periksa apakah ada kabel yang putus. gunakan alat ukur seperti tespen tuntuk memastikan kabel bisa menyalurkan arus listrik
* Cek roda gigi wiper, jika roda gigi wiper rusak biasanya dilakukan penggantian roda gigi.
Tips merawat wiper mobil di atas merupakan sekelumit permasalahan yang terjadi pada wiper mobil, jika pecinta otomotif masih belum menemukan solusi atas permasalahan wiper mobil, maka bisa pergi ke bengkel untuk memperbaikinya.

No comments:

Post a Comment

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...