Thursday, February 28, 2013

Cara Belajar Mobil Tips Mengemudi

Belajar nyetir mobil memang gampang-gampang susah apa lagi bagi orang yang belum pernah mengendarai motor pasti akan sangat sulit hehehe, tetapi jarang ya orang yang tidak pernah mengendarai motor sekarang :-). Oke untuk pertama kali kita akan luruskan mitos penting tentang
cara belajar mengemudi atau nyetir mobil yang benar:
Mitos
Mitos pertama bahwa menyetir mobil lebih mudah dari menyetir motor karena memiliki roda 4 tidak mungkin jatuh? hal ini adalah mitos yang salah karena mobil memiliki body yang lebih besar dari motor dan dalam pengendaliannya juga lebih kompleks misalnya setir, gas, kopling, rem tangan, lampu, wiper, dan lain-lain.
Pengendalian mobil lebih sulit dari motor terutama untuk haluan saat menyalip mobil lain atau memposisikan mobil pada sisi jalan saat kecepatan tertentu (ini membutuhkan filling yang tepat)
Kedua bahwa untuk tahapan belajar mengemudi mobil lebih baik menggunakan mobil transmisi manual dulu dengan harapan akan lebih mudah saat belajar menyetir mobil matic kemudian. Hal ini juga perlu diluruskan, sebaiknya jika penggemar otomotif ingin mengajari orang yang belum pernah mengendarai mobil gunakanlah mobil matic dulu. karena mobil matic lebih mudah untuk dikendarai, belajarlah dari yang mudah dulu baru ke yang lebih sulit (ini akan meringankan beban otak saat harus belajar mobil), sebagai ibarat belajar nyetir pada mobil biasa dulu sebelum belajar nyetir mobil off road (bisa nyemplung sungai kalau tiba-tiba belajar offroad). Oke kita akan masuk pada praktek mengemudi:
Permulaan
* Kenali fungsi-fungsi utama dalam menggerakkan mobil, hal ini bisa berbeda pada tiap-tiap mobil akan tetapi sebagian besar memiliki kesamaan seperti letak gas, rem tangan, kopling, sabuk pengaman, klakson, pedal dan lain-lain. Selain pecinta otomotif tahu letak alat-alat pengendali tersebut, pecinta otomotif juga harus tahu cara mengoperasikan pedal, gas, rem, kopling dan lain-lain tadi bagaimana cara menggunakannya. Intinya kenali alat-alat penggerak dalam mobil anda.
* Sebelum belajar pastikan mobil dalam kondisi yang prima misalnya pada gas, rem, ban, klakson dan lain-lain. Hal ini nantinya akan mendukung keselamatan anda saat belajar misalnya dari rem blong, ban meletus atau yang lain
* Belajarlah di tempat yang sepi dulu dan cari yang datar, sangat direkomandikan di lapangan, jika sudah merasa bisa baru ke jalan yang sepi, jika sudah mahir baru ke jalan raya (ini hukumnya wajib)
* Belajar mengendalikan mobil dalam track lurus, belajarlah cara mengendalikan mobil lurus dahulu (jangan sampai nyerong/ belok), jika sudah mahir lurus belajarlah cara berbelok mulai yang mudah sampai rumit, jika sudah terbiasa berbelok dengan nyaman Belajarlah mengendarai mobil pada tanjakan atau turunan (hal ini penting) saat pecinta otomotif tidak menguasai medan tanjakan maka akan sangat berbahaya jika turun ke jalan aspal.
* Saat mobil sudah di jalan jangan mudah panik, selalu konsentrasi pada kondisi jalan (jangan terpecah)
* Sebelum mengendarai mobil pastikan kondisi fisik dan psikis anda dalam keadaan baik: tidak lelah, tidak mengantuk, tidak sakit, tidak nervous dan lain-lain.
Menyetir Mobil Manual
A. Bagian-bagian mobil yang harus dikenali:
* Pedal Kopling : terletak di bawah pedal kaki paling kiri
* Pedal Rem : terletak pada pedal tengah
* Pedal Gas: terletak pada pedal paling kanan
* Rem Tangan (Parking Brake) : terletak di sebelah kiri kursi pengemudi, terletak diantara kursi pengemudi dan penumpang depan
* Gigi atau persneling: terletak di depan rem tangan
* Gigi netral: adalah tuas transmisi berada di tengah-tengah (mobil tidak akan berjalan meskipun pedal gas di injak)
* Gigi satu: dari posisi netral dorong tuas persneling ke posisi gigi paling kiri lalu dorong ke depan
* Gigi dua: dari posisi netral dorong tuas transmisi ke kiri lalu tarik ke belakang, jika dari posisi gigi satu tarik ke belakang
* Gigi tiga: dari posisi gigi netral dorong ke atas
* Gigi empat: dari gigi netral tarik ke bawah (posisinya berlawanan dengan gigi 3)
* Gigi lima: dari posisi netral dorong kanan kemudian dorong lagi ke depan
* Gigi enam / mundur (R) : dari netral dorong ke kanan kemudian tarik ke belakang
Posisi kaki kiri selalu berada di kopling, sedangkan kaki kanan berada di gas dan rem, jika ingin memindahkan gigi injak pedal kopling kemudian tarik tuas persneling ke tengah, tahan 1 detik di posisi normal kemudian arahkan gigi ke posisi yang diinginkan.
B. Cara mengemudi mobil manual :
* Posisikan tubuh pada tempat duduk senyaman mungkin
* Aktifkan rem tangan
* Posisi tangan kanan berada pada lingkar kemudi jam 3 dan tangan kiri pada posisi jam 9
* Nyalakan mesin dengan memutar kunci kontak searah jarum jam (ke kanan) lalu tahan sebentar 1-2 detik
* Tekan pedal kopling menggunakan kaki kiri (tekan yang dalam)
* Masukkan ke gigi satu
* Kaki kanan siap-siap di pedal gas
* Lepaskan atau realeasekan rem tangan
* Lepaskan pedal kopling pelan-pelan, setelah 3/4 tekan pedal gas dengan pelan dan rasakan tarikan mesin yang pelan, usahakan jiwa anda menyatu dengan mobil :-)
* Konsentrasi pada kondisi jalan, pandangan ke jalan tidak melihat kaki atau tangan
* Jalankan mobil :)
sekian untuk cara belajar mobil manual, artikel selanjutnya Belajar Mobil Matic

52 comments:

  1. bagaimana cara menggunakan feeling yang tepat pada stir ketika mobil sedang berjalan? thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. latihan mas, latihanlah di lapangan dulu sampai benar-benar tangan hapal dengan mobil, latihan belok, rem, gas, menanjak. lakukan di lapangan dulu

      Delete
  2. berikan caranya juga donk,, bagaimana cara membuka bagasi depan dan belakang,,, ataupun yang lainnya yang belum dijelaskan di blog ini,,,

    blog ini barmanfaat banget gan,,, thank,,,

    ReplyDelete
  3. ajarin juga donk,,, bagaimana cara membuka bagasi depan dan belakang ataupun cara2 yang lainnya yang belum dijelaskan di blog ini,,,

    blog ini bermanfaat banget gan,,, thank,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah banyak di bahas di tips-tips otomotif mas,, coba di cari ya di tips otomotif

      Delete
  4. Gimana mas supaya pada saat keadaan jalan menanjak mogil gak mundur tanpa harus kaki menginjak rem???

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada mobil-mobil baru yang canggih biasanya sudah ada deteksi tanjakan sehingga tidak mundur,,,
      untuk mobil-mobil lama, transmisi manual mas main gigi satu lebih aman, jika kondisi macet di tanjakan juga harus menginjak rem.. transmisi matic lebih mudah dalam kondisi ini..

      manfaatkan rem tangan jika memang mundur

      Delete
  5. gimana cara menjalankan mobil di gigi 1, agar gak sakaligus maju???

    tolong di jawab

    ReplyDelete
  6. mobil manual = gimana caranya agar mobil pada gigi 1, jalannya gak lansung sekaligus ?

    ReplyDelete
  7. bagai mana cara cepat tuk menguasai body mobil gan?
    tolong tipsnya..!!!terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan cepat cepat gan,,, ntar nubruk. pelan-pelan saja. lebih cepat jika didampingi teman yang sudah bisa mengemudi, sehari sudah bisa belajar haluan mobil

      Delete
  8. Aku sih belum bisa bawa mobil. Tapi kata temen aku orang yang bisa bawa mobil matic belum tentu bisa bawa mobil manual. Betul ngga gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlu penyesuaian terutama masalah transmisi (belajar sedikit), kan manual persnelingnya beda sama matic... akan tetapi masalah haluan mobil, rem, ornamen2 mobil hampir sama :-)

      Delete
  9. Bagaimana caranya nyetir agar mobil tetap lurus di jalan yg lurus.Karena 2x q belajar,tp masih saja gak lurus.Padahal setirny sdh q sesuaikn agar tetap berjalan lurus.
    Tolong di jawab.
    Thx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. caranya kita jangan menahan setir, tapi mengarahkan kemana mobil akan melaju..

      Delete
    2. coba agan berlatih di lapangan rumput (akan sangat terasa goyangan ban) ,,, rasakan dan ikuti goyangan ban dan usahakan kendalikan sedikit demi sedikit.... gunakan feeling, itulah fungsi belajar mobil terutama di lapangan rumput

      Delete
  10. Kalo blajar mobil enakan blajar mobol kijang apa avanza ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. enakan belajar peke fortuner aza

      Delete
    2. hehe,,, belajar mobil avanza aja mas yang mudah dulu..
      kijang agak sulit dikendalikan, maklum mobil lama

      Delete
  11. Mhn penjlsn mbl mulai berjalan bila kopling dilpskn tanpa Nginjak gas

    ReplyDelete
    Replies
    1. koplingnya jangan dilepas mbak kalau tidak mau jalan,, kalau persneling dilepas kenungkinan mobil memang berjalan

      Delete
  12. bgimn cara menyeimbangkan antara kopling dan gas

    ReplyDelete
  13. Mhn penjlsn mbl mulai berjalan bila kopling dilpskn tanpa Nginjak gas

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu setelan gasnya terlalu besar mbak,,, coba dikesilin gasnya (disetel lagi)

      Delete
  14. Terima kasih tipsnya...
    Lengkap sekali dan sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
  15. bgmna kalo' masukkan mobil di garasi posisinya belok di tanjakan ( dr jalan umum 1 meter ketinggihnnya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tunggu jalan sepi biar aman, pastikan radius putar sudah memadai... jangan sampai sudah jalan naik ternyata belokan tidak cukup... masukkan gigi 1 saja

      Delete
  16. om kalok pakek mobil 4x4 persenelingnya bagai mana

    ReplyDelete
  17. * Posisi tangan kanan berada pada lingkar kemudi jam 9 dan tangan kiri pada posisi jam 3 ...

    aku masih gagal paham dengan yang satu ini, tolong jelasin dong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke mas,, maaf salah ketik... maaf terburu-buru mas,,,
      makasih koreksinya,,,, segera kami benahi mas :-)
      trims banyak...

      Delete
  18. mohon info ny berapa ya kisaran pasang powersteering untuk kijang grand extra dan Lancer SL '83
    soalnya kl kijang itu berat banget kl saat parkir dan Lancer SL berat banget kl kita gunain stir ny saat mundur

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin pembaca yang berpengalaman dengan power steering mobil kijang extra bisa membantu nih komen di bawah ya?

      Delete
  19. Pengalaman berhenti sebentar dibelokan yang sedikit menanjak menggunakan rem kaki, gimana caranya saat kaki kanan pindah dari rem ke gas tapi mobil tidak mundur? Kalo pake cara ujung kaki kanan(jari) tekan rem dan tumit tekan gas, apakah itu termasuk cara yang lazim/benar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo Anda pake cara ujung kaki kanan(jari) tekan rem dan tumit tekan gas pasti akan susah. Resiko salah tekan yang dapat mengakibatkan mobil mundur menjadi tinggi. Jika Anda yakin mobil hanya mau berhenti sebentar, sebaiknya Anda mainkan kopling setengah dan gas. Pastikan Anda sudah benar-benar menguasainya, sehingga posisi mobil tidak mundur. Tapi kalo Anda masih belum begitu lancar bermain setengah kopling, lebih baik Anda pakai hand rem saja. Berhenti lebih lama tidak apa-apa, yang penting hal tersebut aman bagi Anda dan terlebih aman bagi para pengendara di sekitar Anda. Terimakasih.

      Delete
  20. kurg lazim, perlu latihan khusus. Cara yg aman & lbh umum ya pakai rem tangan, lbh baek melatih yg ini dulu..

    ReplyDelete
  21. Salu ini admin semua komen dijawab, ane mau tanya min, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk belajar mobil sehingga bisa dibawa ke jalan rame?

    ReplyDelete
  22. maaf gan ganggu...saya kox mobil gigi 2 lagi keadaan pelan...kox geter ya di interiornya..biasanya kan itu main gigi 3 kenapa y gan...

    ReplyDelete
  23. Mau nanya gan...untuk mudik Jakarta jogja,, mana yang harus saya pilih...Agya atau Picanto,,,makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aja gan, kalau jakarta jogja gak ada jalan yang terlalu menanjak. make agya juga lumayan gan itung-itung irit BBM

      Delete
  24. gan saya suka kesulitan melihat bagian depan mobil kalau pas di gang sempit (yg pas dengan mobil) kalau misalkan ada motor yg terparkir di bahu jalan otomatis mobil harus aga kepinggir nah saya kesulitan disitunya mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  25. gan mau nanya saya suka kesulitan melihat bagian depan mobil misalkan mobil masuk gang (yang pas dengan mobil) nah dstu saya aga kesulitan kalau mobil mepet dengan tembok2 rumah gt trus daya juga suka kesulitan kalau misalkan ada motor yg pasrkir di bahu jalan otomatis mobil harus aga ke pinggir gma penjelasnnya makasih

    ReplyDelete
  26. umm.. om saya mau tanya..
    saya umur 15 th. saya tkut kalau mau bljr speda motor. kira" kalau saya langsung belajar mobil bisa langsung menguasai dengan cepat apa saya gk kan pernah bisa??
    tlong dijwb ya om.. thx.

    ReplyDelete
  27. omm.. saya mau tanya.
    saya brumur 15 th. tapi gk bisa brsepda motor. lah skrg saya mulai trtarik dg bljar mobil. kira" saya bisa gk ya??
    dan kalau bisa apakah btuh wktu yg lama??
    tlong dijwab ya om.. thx.

    ReplyDelete
  28. gan gimana caranya biar pas nginjek pedal kopling dan pedal gas bisa seimbang? habis saya kemaren latihan tapi gak bisa-bisa, kagok gitu... terus mobilnya jadi kayak lonjak-lonjak sendiri jadinya agak takut nih belajar mengendarai mobil?

    ReplyDelete
  29. Gan, cara kira kira sisi kiri mobil gimana? Katanya pakai patokan kaca depan tapi nggak paham mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  30. gugup klo nyetir di jalan yang banyak orang misalnya lewatin pasar malam aduhh...untuk pemula susah banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak latian mbak,,,maklum kalo cewek memang gitu..... beda dengan cowok cuman kalo latian terus lama2 juga biasa

      Delete
  31. Saya baru mau belajar menyetir, ada ketakutan karena awal banget. Saya baca tipsnya lumayan memberikan motivasi untuk bisa menyetir mobil sendiri. Makasi

    ReplyDelete
  32. misalnya di depan ada mobil berlawanan arah dengan kondisi jalan bilang saja pedesaan, bagaimana untuk mengetahui kalau mobil kita masuk untuk berpapasan. banyak sopir yg mungkin udah puluhan tahun saya tanya begitu tidak bisa menjawab jaabnya cuma insting, apa insting kebo asal nyruduk hihihi

    ReplyDelete

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...