Wednesday, May 2, 2012

Spesifikasi dan Kelebihan Suzuki Swift Hatchback

Suzuki Swift adalah mobil jenis city car yang dikeluarkan oleh suzuki, akrab pula dipanggil mobil hatchback swift. Mobil ini juga ada yang menggolongkan sebagai mobil mini MPV, akan tetapi kebanyakan menggolongkan swift sebagai mobil hatchback dengan 2 baris kursi penumpang dengan konsep sedan akan tetapi memiliki bagasi yang menyatu dengan kabin penumpang dimana pintu bagasi dibuka kebelakang atas.
Model hatchback mobil lama seperti starlet atau honda civic wonder, model hatchback terbaru seperti toyota yaris dan honda jazz. Suzuki Swift  generasi pertama sudah dikeluarkan tahun 2000 sampai tahun 2004 dengan dua varian yakni HT51S dan HT81S, di Indonesia mobil ini mulai memasuki pasar pada tahun 2005 sampai 2012 ini mobil ini tetap ready di dealer suzuki indonesia dengan varian andalan swift ST dan GT3.
Suzuki Swift 2012 sekarang yang terbaru adalah GT3 dengan berbagai keunggulan dibanding generasi sebelumnya pada desain, aeodinamis, stylish dan sporty. 
SPESIFIKASI SUZUKI SWIFT
Suzuki Swift memiliki kapasitas silinder 1500 cc yang (bertenaga untuk mobil sekecil Swift), dengan konsep VVT membuat mobil ini mampu mengoptimalkan penggunaan bahan bakar menjadi tenaga putar.
Body suzuki swift terbaru lebih besar besar dengan panjang 3.850 mm (sebelumnya 3.760 mm), lebar 1.695 mm (sebelumnya 1.690 mm), tinggi 1.510 mm (sebelumnya 1.500 mm), dan wheelbase 2.430 mm (sebelumnya 2.380 mm), perubahan ini dilakukan untuk menambah kenyamanan ruang kabin penumpang. Selain mobil ini tampil lebih lebar, Suzuki swift juga memiliki mesin agresif yang mampu menghasilkan daya maksimum sebesar 100 ps pada putaran mesin 6000 rpm (tenaga sebesar ini bahkan lebih besar dari avanza lama, akan tetapi hampir sama dengan avanza varian terbaru veloz yang memiliki tenaga maksimum sebesar 104 hp) (baca ulasan Avanza di sini), Suzuki Swift memiliki torsi maksimum sebesar 143 nm pada 4000 rpm, Suzuki swift juga lebih irit BBM karena menerapkan sistem pembakaran multipoint fuel injection.
INTERIOR DAN SAFETY SUZUKI SWIFT
Pada bagian interior, pengemudi akan nyaman dengan fitur-fitur All In-Multi Information Display, Steering Audio Switches, Audio Double Din dengan konektifitas I-pod. Kabin untuk penumpang juga luas atau lega, sedangkan jok belakang dapat dilipat jika membawa barang dalam jumlah yang cukup banyak.
Pada fitur safety Suzuki Swift mengadopsi teknologi Total Effective Strength Structure (TESS), yakni rangka bodi kuat yang didesain meredam benturan atau membuat benturan lebih merata pada sisi mobil, hal ini akan membuat penumpang lebih aman saat terjadi benturan, mobil ini juga dilengkapi dengan keyless entry with Immobilizer, pintu dapat terbuka dengan menekan tombol akses dan mesin dapat dihidupkan hanya dengan kunci yang asli.
Mobil ini sangat mantap menurut saya, interior yang sangat terkesan mewah dengan mesin yang besar dan teknologi yang maju. Suzuki Swift 2012 tersedia dalam transmisi manual dan otomatis atau automatic transmission.
HARGA SUZUKI SWIFT
Harga Suzuki Swift Mei 2012 OTR Jakarta adalah:
Suzuki Swift ST (Manual) Rp. 175.000.000
Suzuki Swift ST (Automatic) Rp. 185.000.000
Suzuki Swift GT3 (Manual) Rp. 190.000.000
Suzuki Swift GT3 (Automatic) Rp. 200.000.000
PESAING SUZUKI SWIFT
1. Honda Brio (lihat ulasan)
2. Honda Jazz 1500 cc (daya paling besar)
3. Mitsubishi Mirage (citycar dari mitsubishi)
4. Toyota Agya dan Daihatsu Ayla (citycar kembar toyota dan daihatsu)
6. All New Rio Hatchback (city car KIA)
7. Daihatsu Sirion (baca ulasan)

5 comments:

  1. kalo aman yg mana swift atau kia picanto.... mohon dijelaskan kelebihan kekurangan swift agar bisa sy bandingkan dgn kia picanto, khususnya pada keselamatan, terima kasih

    ReplyDelete
  2. mohon dijelaskan kelebihan dan kekurangan swift agar bisa saya bandingkan dgn kia picanto...dimana kia picanto tdk memenuhi syarat keselamatan. terima kasih @bundadiva

    ReplyDelete
  3. Beberapa Fitur safety Suzuki All New Swift:
    * Sabuk keselamatan dengan fungsi ELR dan pengaturan ketinggian.
    * Kursi penumpang pada depan dan pengemudi telah dilengkapi SRS Airbag dan Side Impact Beam pada bagian sisi-sisinya (amping).
    * Kunci pengaman untuk anak-anak pada pintu belakang agar pintu tidak bisa dibuka anak-anak dalam perjalanan
    * rem menggunakan ABS
    * Body All New Swift menggunakan desain dengan TECT (Total Effective Control Technology), Desain ini adalah desain body mobil yang mampu menyerap getaran dan memeratakan ke seluruh sisi mobil, sehingga sangat aman jika terjadi benturan.
    * Dilengkapi system alarm dan immobilizer

    Kia Picanto Safety:
    * Front Safety Belt : 3 Point
    * Rear Safety Belt : 3 Point (side), 2 Point (center)
    *Central Door Lock : Standard

    Perbedaan Safety Swift dengan Picanto:
    - pada rem ABS
    - Airbags
    - Teknologi desain rangka body
    - dan beberapa teknologi lainnya seperti teknologi sabuk pengaman

    ReplyDelete
  4. jadi inget, ngisepin ini mobil di jln tol cipularang sama ANR.....

    ReplyDelete
  5. Kelebihan dan kekurangan suzuki swift dibandingkan honda brio apa saja? Lebih baik yang mana?

    ReplyDelete

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...