Monday, May 7, 2012

Mitsubishi Lancer EX 2.0 GT dan Evolution

Mitsubishi Lancer terbaru saat ini adalah Lancer Evolution dan Lancer EX 2.0 GT, kedua mobil ini terlihat mirip pada bagian luar atau eksteriornya, akan tetapi pada bagian dalam dan mesin tentu jauh berbeda.  
Mitsubishi Lancer EX 2.0 GT yang dipatok pada harga 400 juta (on the road) berbeda jauh dengan Mitsubishi Lancer Evolution yang dibanderol dengan harga 1,27 Milyar (OTR). Berikut ini perbedaan antara Mitsubishi Lancer EX 2.0 GT dan Mitsubishi Lancer Evolution yang sama-sama dikeluarkan oleh mitsubishi.
Eksterior Mitsubishi Lancer EX 2.0 GT dan Evolution
Pada bagian dimensi mobil, panjang keseluruhan mobil Mitsubishi Lancer EX 2.0 GT lebih panjang 6 cm dan juga body keseluruhan mobil Lancer EX 2.0 GT lebih sempit 5 cm dari pada milik Mitsubishi Lancer Evolution. 
Mitsubishi Lancer Evolution juga memiliki tinggi 1 cm lebih pendek dari Mitsubishi Lancer EX 2.0 GT dan Lancer Evolution juga memiliki Ground Clearance lebih pendek 1,5 cm dari pada Lancer EX 2.0 GT. Hal ini menandakan bahwa Mitsubishi Lancer Evolution memiliki desain yang lebih kecil dan lebih ceper dari pada Lancer EX 2.0 GT.
Spesifikasi Mitsubishi Lancer EX 2.0 GT dan Evolution
Pada bagian mesin Mitsubishi Lancer EX 2.0 GT ternyata sangat jauh berbeda dengan Lancer Evolution, EX 2.0 GT menggunakan mesin dengan tipe 4B114 In line 16 Valve MIVEC DOHC, sedangkan Evolution menggunakan mesin tipe 4811MIVEC with intercooler turbocharger inleine 4 cylinder 16 Valve DOHC. Hal ini sudah sangat berbeda, yang satu mesin sedan biasa yang satunya mesin menggunakan 4 silinder dan turbo.
Tenaga yang dihasilkan Mitsubishi Lancer EX 2.0 GT adalah 155 PS pada 6000 rpm dan torsi 203 kgm pada 4250 rpm. Hal ini sangat berbeda dengan Mitsubishi Lancer Evolution yang mampu menghasilkan tenaga 295 PS pada 6500 rpm dengan torsi maksimal 373 kgm pada 3500 rpm. Hal ini jelas sangat terlihat jika tenaga, akselerasi dan kecepatan Mitsubishi Lancer EX 2.0 GT adalah setengah dari Lancer Evolution meskipun keduanya memiliki mesin berkapasitas 2000 cc.
Pada bagian Transmisi sama-sama memiliki 6 tingkat kecepatan atau 6 percepatan, dengan rata-rata Lancer EX 2.0 GT setengah dari kecepatan evolution
Pada bagian rem, Mitsubishi Lancer Evolution memiliki gear 18 inch (depan) dan 17 inch (belakang). sedangkan Mitsubishi Lancer EX 2.0 GT sebesar 16 inch pada bagian dan belakang. Mengapa evolution lebih besar, hal ini karena tenaga yang dikeluarkan lebih besar maka rem juga harus lebih baik kemampuannya.
Pesaing Mitsubishi EX 2.0 GT :
* All New Facelift Vios (baca ulasan)
* Toyota New Altis (baca ulasan)
* Toyota Camry (baca ulasan)

1 comment:

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...