Saturday, February 1, 2014

Cara Memarkir Mobil (Tips Parkir)

Memarkir mobil dengan aman pada dasarnya terbagi atas 2 perlakuan, yakni aman dari kecelakaan saat memarkir mobil dan aman dari pencurian saat mobil di parkir. Untuk keamanan mobil saat di tinggal di tempat parkir www.tipsmobilbaru.blogspot.com telah lebih duahulu mengulasnya (baca: tips aman saat mobil ditinggal di tempat parkir).
Kita akan membahas bagaimana sih cara memarkir mobil yang benar? apa yang perlu di perhatikan, dan alat bantu apa yang biasa digunakan pengemudi saat memarkir mobil. berikut adalah 6 hal (tahap) yang harus diperhatikan:
Memilih Tempat Parkir
Yang pertama diperhatikan adalah lihat rambu. Jika pecinta otomotif terpaksa harus parkir di ruang publik karena keadaan tertentu maka yang pertama harus dilihat adalah rambu, lihat dengan seksama apakah tempat tersebut ada larangan untuk parkir atau tidak?
sebisa mungkin hindari adanya rambu apapun (kecuali rambu petunjuk), teliti ada rambu apa saja di tempat tersebut, misalnya ada rambu stop atau rambu jalan berkelok dan lain-lain. Biasanya jika ada satu rambu tertentu di tempat tersebut maka jalan tersebut bukan jalan biasa dan cukup rawan, berikut adalah beberapa jenis rambu yang perlu diketahui

Berikan Ruang Gerak
Yang kedua jika pecinta otomotif sudah memiliki tempat parkir yang tepat entah itu kebetulan di lapangan, di pinggir jalan atau tempat parkir resmi maka yang perlu diperhatikan adalah ruang gerak yang cukup lebar. Seandainya "di tempat parkir berbayar" ruang gerak ini digunakan mobil untuk masuk dan keluar, jangan sampai saat pecinta otomotif memasukkan mobil tempat tidak cukup dan menyenggol mobil lain, jangan sampai mobil mudah masuk tapi sulit keluar, perhitungkan pula ruang gerak mobil lain disamping untuk tidak terhalangi agar body mobil tidak saling tergores. Perhitungkan pula jalan utama yang digunakan mobil-mobil untuk masuk ruangan parkir, jangan sampai pecinta otomotif memarkir dengan menjorok ke jalan untuk mengurangi kemungkinan mobil tersenggol mobil lain.
Buka Kaca Mobil
Dengan membuka kaca mobil (jendela pintu mobil) maka pecinta otomotif bisa mendapatkan pandangan yang lebih luas, mata mendapatkan banyak cahaya, badan bisa merasakan suhu udara atau keadaan lain di luar mobil. Membuka kaca memudahkan pecinta otomotif untuk mendapatkan "feel" yang tepat untuk memarkir mobil, jika pecinta otomotif masih ragu akan keadaan sekitar maka pecinta otomotif bisa turun dari mobil untuk melihat lokasi apakah ada barang-barang tertentu seperti tempat sampah/ batu/ benda lain yang mungkin membahayakan mobil.
Mengatur Spion
Spion mobil menjadi sangat urgen saat pecinta otomotif memarkir mobil, aturlah spion: spion kanan kiri dan sipon dalam mobil dan jika ada spion yang menempel pada kaca belakang mobil.
1. Atur sudut kemiringan spion sampai spion bagian kanan mampu melihat ujung body mobil bagian kanan belakang mobil
2. Atur spion sebelah kiri untuk melihat ujung body mobil bagian belakang (kiri),
3. Atur Spion dalam untuk melihat lurus ke belakang
4. Spion belakang juga bisa digunakan untuk melihat track dan sedekat apa bumper dengan pembatas parkir
Maksimalkan Fasilitas Mobil
Fasilitas dalam mobil kini telah banyak disematkan pada mobil-mobil modern (keluaran terbaru), seandainya mobil kita mobil lama kita juga bisa membenamkan fasilitas-fasilitas untuk membantu pengemudi dalam memarkir mobil ini, berikut:
Fasilitas pada mobil untuk memarkir Mobil
1. Nyalakan sensor parkir, sensor parkir akan mengeluarkan bunyi peringatan saat bagian belakang mobil mendekati obyek tertentu, misalnya pagar pembatas, tong sampah, pohon, manusia, atau benda-benda lain. Suara sensor parkir ini akan semakin keras jika bagian belakang mobil semakin mendekati onyek tertentu.
2. Gunakan kamera parkir, kamera parkir berfungsi untuk melihat bagian belakang dengan lebih luas, kamera parkir ini akan membatu spion untuk melihat bagian belakang mobil.
Konsentrasi Penuh
Saat memundurkan mobil pecinta otomotif harus konsentrasi penuh (tidak terpecah), hindari membaca sms/ mengagkat telepon/ bergurau, matikan sistem audio (kecilkan), pastikan semua dalam kendali sebelum memundurkan dan membelokkan mobil  :-)
Pecinta otomotif juga bisa melihat ulasan sebelumnya tentang hindari pencurian saat parkir

No comments:

Post a Comment

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...