Tuesday, August 30, 2016

Ganti Velg lebih Lebar, Ini dampaknya

Mengganti velg dengan yang lebih lebar saat ini menjadi kegemaran pemilik mobil yang menyayanginya, biasanya dipakai untuk meningkatkan tampilan mobil menjadi lebih bagus..akan tetapi sebenarnya tahu gak apa sih akibatnya jika kita menambah ukuran lebar velg? jangan-jangan gak tahu dan ntar menyesal... berikut adalah akibat atau dampak jika ukuran velg diperlebar:
1. Tampilan mobil lebih bagus
2. Daya cengkeram ke aspal menjadi lebih baik, makin lebar ban maka bidang karet ban yang bersentuhan dengan aspal makin luas sehingga daya cengkeramnyapun makin baik artinya pengereman juga makin baik
3. Mobil lebih stabil saat bermanuver atau mengerem tidak mudah oleng dan tidak mudah selip
Tapi ada dampak buruknya sob:
1. Suspensi mobil jadi keras, karena dinding ban sebenarnya berfungsi sebagai suspensi. Dinding ban yang lebih tipis membuat suspensi roda berkurang drastis
2. Mobil jadi lebih boros BBM, karena cengkeraman ke aspal juga akan meningkatkan hambatan mobil
3. Kerja mesin menjadi lebih berat karena daya cengkeram ke aspal naik
4. Akselerasi mobil berkurang, percepatan mobil atau kemampuan menambah kecepatan mobil atau biasanya dikatakan tarikan mobil menjadi lebih lemah, hal ini karena tapak yang lebih lebar
5. radius putar bertambah besar meskipun ini tidak signifikan, akan tetapi untuk mereka yang tinggal di tempat sempit juga akan terasa
6. ruang garasi makin terbatas, jika lebar velg ditambah sampai keluar spakbor maka ini akan terasa.
Apakah tidak boleh menambah lebar velg/ ban?
Sebaiknya pecinta otomotif mempertimbangkan plus minusnya, bahkan memperkecil velg juga memiliki resiko yang berbahaya juga. Artinya lebar velg yang baik adalah sedang-sedang saja tidak terlalu lebar dan tidak terlalu sempit, sesuaikan dengan kebutuhan pengemudi, jika ingin irit ya jangan memakai velg yang lebar akan tetapi jika medannya sering licin dan berbahaya maka ganti velg sedikit lebih lebar gak masalah

No comments:

Post a Comment

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...