Ford Ranger adalah mobil jenis SUV yang memiliki 2 jenis kabin yakni singe cab dan double cab, sedangkan dari mesin yang digunakan Ford Ranger memiliki 3 jenis mesin yang dibenamkan pada varian-varian ranger di Indonesia mulai dari mesin 2200 cc, 2500 cc dan 3200 cc (cukup banyak ya pilihan mesinnya).
Di negara asalnya (Amerika Serikat) Ford Ranger dulunya adalah sebuah truck Pickup (truk pikup) yang banyak dipakai petani untuk mengangkut alat dan bahan pertanian yang pertama kali keluar tahun 1982,
akan tetapi sekarang ford ranger berubah menjadi mobil SUV dengan sedikit karakter yang masih dibawa sebagai sebuah truck.
Sebagai Midle SUV Ford Ranger cukup bisa diandalkan jika dilihat dari kemampuan mesinnya, memakai mesin diesel duratorq TDCI with turbo charger (kecuali varian 2500 cc yang memakai mesin bensin) dengan kapasitas ruang bakar bervariasi mobil ini memiliki tenaga dan torsi sebesar:
* Ford Ranger mesin diesel 2200 cc: tenaga mencapai 125 Ps/ 3700 Rpm, sedangkan torsi mobil dengan mesin 2,2L ini adalah 320 Nm/ 1700 Rpm
* Ford Ranger dengan mesin bensin 2500 cc: memiliki tenaga 122 Ps/ 5500 Rpm dan torsi 255 Nm/ 4500 Rpm
* Ford Ranger bermesin diesel 3200 cc (terbesar); memiliki tenaga maksimum 200 Ps pada putaran mesin 3700 Rpm dengan torsi sebesar 470 Nm pada putaran mesin1750 Rpm
Berbagai besaran mesin ini juga disalurkan pada roda dengan 2 macam sistem penggerak yakni 4 roda (4x4) dan 2 roda (4x2), varian penggerak 2 roda hanya ada pada 1 varian yakni single cabin 2,5 L yang sekaligus menjadi sati-satunya varian yang paling unik (bermesin bensin, single cabin, berpenggerak 2 roda) sementara varian lain memakai sistem penggerak 4x4.
Sistem penggerak 4x4 memungkinkan roda bisa berputar sendiri-sendiri, misalnya satu roda belakang selip maka masih ada 3 roda yang mendorong dan menarik mobil sehingga lebih mampu melewati jalanan dengan kondisi yang ekstrim seperti licin, lumpur, tanjakan, pasir dan lain-lain.
Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan Ford Ranger tentunya adalah kualitas yang terjaga sebagai mobil besutan negara amerika yang memenuhi berbagai standar amerika dan eropa mulai dari tingkat polusi, kehematan bahan bakar, keawetan mesin, berbagai sistem yang berlaku pada mobil, material yang dipakai, tenaga mesin, standart keselamatan dan lain-lain.
Sedangkan kelemahan Ford ranger masih pada jaringan service dan purna jual, jaringan service Ford di Indonesia tidak sebesar produsen mobil jepang suku cadangpun demikian, akan tetapi kami rasa hal ini bukan masalah yang berarti untuk daerah pulau jawa karena kelas kota malang (kota yang tidak terlalu besar) sudah ada dealer dan service Ford.
Purna jual Ford ranger juga masih belum stabil, agak sedikit sulit menjualnya karena kebanyakan masyarakat indonesia berpikir mobil double cabin ya strada triton atau toyota hilux, akan tetapi lama kelamaan dengan kualitas yang dibawa maka orang akan terbiasa dengan Ford Ranger ini
Di negara asalnya (Amerika Serikat) Ford Ranger dulunya adalah sebuah truck Pickup (truk pikup) yang banyak dipakai petani untuk mengangkut alat dan bahan pertanian yang pertama kali keluar tahun 1982,
akan tetapi sekarang ford ranger berubah menjadi mobil SUV dengan sedikit karakter yang masih dibawa sebagai sebuah truck.
Sebagai Midle SUV Ford Ranger cukup bisa diandalkan jika dilihat dari kemampuan mesinnya, memakai mesin diesel duratorq TDCI with turbo charger (kecuali varian 2500 cc yang memakai mesin bensin) dengan kapasitas ruang bakar bervariasi mobil ini memiliki tenaga dan torsi sebesar:
* Ford Ranger dengan mesin bensin 2500 cc: memiliki tenaga 122 Ps/ 5500 Rpm dan torsi 255 Nm/ 4500 Rpm
* Ford Ranger bermesin diesel 3200 cc (terbesar); memiliki tenaga maksimum 200 Ps pada putaran mesin 3700 Rpm dengan torsi sebesar 470 Nm pada putaran mesin1750 Rpm
Sistem penggerak 4x4 memungkinkan roda bisa berputar sendiri-sendiri, misalnya satu roda belakang selip maka masih ada 3 roda yang mendorong dan menarik mobil sehingga lebih mampu melewati jalanan dengan kondisi yang ekstrim seperti licin, lumpur, tanjakan, pasir dan lain-lain.
Spesifikasi Ford Ranger
Nah karena varian ford ranger yang cukup banyak, maka www.tipsmobilbaru.blogspot.com hanya mengambil 4 varian dengan mesin dan kabin yang berbeda sebagai bahan perbandingan antara varian 1 dengan yang lain, sementara untuk varian ford ranger yang tidak disebutkan sebenarnya speknya mirip dengan yang kami sebutkan di bawah, berikut adalah spesifikasi 4 varian ford ranger:
Dimensi Ford Ranger
| ||||||||||
Varian
|
Single Cabin Base 2.5L (4x2) MT
|
Double Cabin Base Plus 2.2L (4x4) MT
|
Double Cabin XLT 3.2L (4x4) MT
|
Double Cabin Wildtrak 2.2L (4x4) AT
| ||||||
Overall Length (mm)
|
5274
|
5274
|
5351
|
5274
| ||||||
Overall Width (mm)
|
1850
|
1850
|
1850
|
1850
| ||||||
Overall Height (mm)
|
1800
|
1815
|
1831
|
1815
| ||||||
Wheelbase (mm)
|
3220
|
3220
|
3220
|
3220
| ||||||
Front Tread (mm)
|
1560
|
1560
|
1560
|
1560
| ||||||
Rear Tread (mm)
|
1560
|
1560
|
1560
|
1560
| ||||||
Overhang Front (mm)
|
905
|
905
|
905
|
905
| ||||||
Overhang Rear (mm)
|
1149
|
1149
|
1226
|
1149
| ||||||
Turning Radius (m)
|
6.35
|
6.35
|
6.35
|
6.35
| ||||||
Ground Clearance (mm)
|
232
|
232
|
237
|
232
| ||||||
Curb Weight (kg)
|
1866
|
1968
|
2040
|
1968
| ||||||
GVW (kg)
|
3330
|
3330
|
3330
|
3330
| ||||||
Cargo Box Length (mm)
|
2317
|
1549
|
1549
|
1549
| ||||||
Cargo Box Width (mm)
|
1560
|
1560
|
1560
|
1560
| ||||||
Cargo Box Height (mm)
|
511
|
511
|
511
|
511
| ||||||
Mesin Ford Ranger
| ||||||||||
Varian
|
Single Cabin Base 2.5L (4x2) MT
|
Double Cabin Base Plus 2.2L (4x4) MT
|
Double Cabin XLT 3.2L (4x4) MT
|
Double Cabin Wildtrak 2.2L (4x4) AT
| ||||||
Type
|
Petrol Engine
|
Diesel Duratorq TDCi Mid-Power
|
Diesel Duratorq TDCi Hi-Power
|
Diesel Duratorq TDCi Mid-Power
| ||||||
Super Charging Systems
|
Turbocharger
|
Turbocharger
|
Turbocharger
|
Turbocharger
| ||||||
Displacement (cc)
|
2488
|
2198
|
3198
|
2198
| ||||||
Bore x Stroke (mm)
|
89.0 x 100.0
|
86.0 x 94.6
|
89.9 x 100.8
|
86.0 x 94.6
| ||||||
Max Output (PS/rpm)
|
122 / 5,500
|
125 / 3,700
|
200 / 3,700
|
125 / 3,700
| ||||||
Max Torque (Nm/rpm)
|
255 / 4,500
|
320 / 1,700
|
470 / 1750
|
320 / 1,700
| ||||||
Fuel Supply System
|
Electric Fuel Injection
|
Electric Fuel Injection
|
Electric Fuel Injection
|
Electric Fuel Injection
| ||||||
Fuel Tank Capacity (L)
|
80
|
80
|
80
|
80
| ||||||
Sasis dan Suspensi
| ||||||||||
Varian
|
Single Cabin Base 2.5L (4x2) MT
|
Double Cabin Base Plus 2.2L (4x4) MT
|
Double Cabin XLT 3.2L (4x4) MT
|
Double Cabin Wildtrak 2.2L (4x4) AT
| ||||||
Steering Type
|
Rack and Pinion with Power Steering
|
Rack and Pinion with Power Steering
|
Rack and Pinion with Power Steering
|
Rack and Pinion with Power Steering
| ||||||
Brake Type (Front)
|
Ventilated Disc with brake shields
|
Ventilated Disc with brake shields
|
Ventilated Disc with brake shields
|
Ventilated Disc with brake shields
| ||||||
Brake Type (Rear)
|
Drum with brake shields
|
Drum with brake shields
|
Drum with brake shields
|
Drum with brake shields
| ||||||
Suspension Type (Front)
|
Independent Double Wishbone with Coil Spring and Stabilizer
|
Independent Double Wishbone with Coil Spring and Stabilizer
|
Independent Double Wishbone with Coil Spring and Stabilizer
|
Independent Double Wishbone with Coil Spring and Stabilizer
| ||||||
Suspension Type (Rear)
|
Rigid Axle & Leaf Spring with Shock Absorber
|
Rigid Axle & Leaf Spring with Shock Absorber
|
Rigid Axle & Leaf Spring with Shock Absorber
|
Rigid Axle & Leaf Spring with Shock Absorber
| ||||||
Tires & Wheels
|
255/70 R16 Steel
|
255/70 R16 Steel
|
265/65R17 Alloy
|
255/70 R16 Steel
| ||||||
Kenyamanan
| ||||||||||
Varian
|
Single Cabin Base 2.5L (4x2) MT
|
Double Cabin Base Plus 2.2L (4x4) MT
|
Double Cabin XLT 3.2L (4x4) MT
|
Double Cabin Wildtrak 2.2L (4x4) AT
| ||||||
Seat Material
|
Vinyl
|
Vinyl
|
Premium
|
Vinyl
| ||||||
Tilt adjustable steering
|
Std
|
Std
|
Std
|
Std
| ||||||
Air Conditioner
|
Std
|
Std
|
Std
|
Std
| ||||||
Audio System
|
Single DIN Audio - ICE Blue, Media Hub 1 (Non SYNC : 1 x AUX), 2 Speakers
|
Single DIN Audio - ICE Blue, Media Hub 1 (Non SYNC : 1 x AUX), 2 Speakers
|
AM/FM Radio, mp3, CD, Integrated Audio Module (IAM), 4.2" MFD, High audio integrated control panel, SYNC GEN1.1 (Bluetooth, USB and iPod Connectivity), Media Hub 2 ( SYNC Gen 1.1 : 1 x USB, 1 x AUX), 4 Speakers, 2 Tweeters
|
Single DIN Audio - ICE Blue, Media Hub 1 (Non SYNC : 1 x AUX), 2 Speakers
| ||||||
Bluetooth Voice Command
|
N/A
|
N/A
|
Avalilable
|
N/A
| ||||||
Cruise control
|
N/A
|
N/A
|
Avalilable
|
N/A
| ||||||
Power Window
|
Manual
|
Manual
|
Auto
|
Manual
| ||||||
Keamanan dan Keselamatan
| ||||||||||
Varian
|
Single Cabin Base 2.5L (4x2) MT
|
Double Cabin Base Plus 2.2L (4x4) MT
|
Double Cabin XLT 3.2L (4x4) MT
|
Double Cabin Wildtrak 2.2L (4x4) AT
| ||||||
Side Intrusion Door Beams
|
Std
|
Std
|
Std
|
Std
| ||||||
Airbag
|
N/A
|
Dual Front AirBags
|
Dual Front AirBags
|
Dual Front AirBags
| ||||||
4W ABS
|
N/A
|
N/A
|
Std
|
N/A
| ||||||
Power door locks
|
Std
|
Std
|
Std
|
Std
| ||||||
Keyless entry
|
N/A
|
N/A
|
Std
|
N/A
| ||||||
Burglar Alarm
|
N/A
|
N/A
|
Std
|
N/A
| ||||||
Sistem Transmisi
| ||||||||||
Varian
|
Single Cabin Base 2.5L (4x2) MT
|
Double Cabin Base Plus 2.2L (4x4) MT
|
Double Cabin XLT 3.2L (4x4) MT
|
Double Cabin Wildtrak 2.2L (4x4) AT
| ||||||
Type
|
Manual 6-Speed
|
Manual 6-Speed
|
Manual 6-Speed
|
Manual 6-Speed
| ||||||
4WD / 2WD
|
4WD
|
4WD
|
4WD
|
4WD
| ||||||
Gear ratio 1st
|
5.441
|
5.441
|
5.441
|
5.441
| ||||||
Gear ratio 2nd
|
2.839
|
2.839
|
2.839
|
2.839
| ||||||
Gear ratio 3rd
|
1.721
|
1.721
|
1.721
|
1.721
| ||||||
Gear ratio 4th
|
1.223
|
1.223
|
1.223
|
1.223
| ||||||
Gear ratio 5th
|
1
|
1
|
1
|
1
| ||||||
Gear ratio 6th
|
0.794
|
0.794
|
0.794
|
0.794
| ||||||
Gear ratio Reverse
|
4.935
|
4.935
|
4.935
|
4.935
| ||||||
Gear ratio Final ratio
|
3.31
|
3.31
|
3.55
|
3.31
|
Kelebihan Ford Ranger tentunya adalah kualitas yang terjaga sebagai mobil besutan negara amerika yang memenuhi berbagai standar amerika dan eropa mulai dari tingkat polusi, kehematan bahan bakar, keawetan mesin, berbagai sistem yang berlaku pada mobil, material yang dipakai, tenaga mesin, standart keselamatan dan lain-lain.
Sedangkan kelemahan Ford ranger masih pada jaringan service dan purna jual, jaringan service Ford di Indonesia tidak sebesar produsen mobil jepang suku cadangpun demikian, akan tetapi kami rasa hal ini bukan masalah yang berarti untuk daerah pulau jawa karena kelas kota malang (kota yang tidak terlalu besar) sudah ada dealer dan service Ford.
Purna jual Ford ranger juga masih belum stabil, agak sedikit sulit menjualnya karena kebanyakan masyarakat indonesia berpikir mobil double cabin ya strada triton atau toyota hilux, akan tetapi lama kelamaan dengan kualitas yang dibawa maka orang akan terbiasa dengan Ford Ranger ini
Value dari mobil tipe ini sangat tinggi dari sisi fungsional. Medan berat yang sering ditemui di Indonesia kiranya dapat mudah dihandle. Memang untuk beberapa daerah tertentu jaringan service belum merata. Namun seiring dengan waktu jaringan ini akan makin luas seiring dengan makin meluasnya customer based ford di Indonesia
ReplyDeleteValue dari mobil tipe ini sangat tinggi dari sisi fungsional. Medan berat yang sering ditemui di Indonesia kiranya dapat mudah dihandle. Memang untuk beberapa daerah tertentu jaringan service belum merata. Namun seiring dengan waktu jaringan ini akan makin luas seiring dengan makin meluasnya customer based ford di Indonesia
ReplyDelete