Monday, July 22, 2013

Merawat Ban Serep atau Cadangan

Ban serep atau ban cadangan pada mobil juga butuh perawatan agar selalu siap saat dibutuhkan, hal ini terasa sangat bermanfaat jika kita dihadapkan pada situasi ban mobil yang tiba-tiba bocor serta sulit mencari tempat tambal ban disekitar, misalnya di tengah hutan, di jalan sepi, pedesaan, bocor di waktu malam, dan lain-lain.
Ban serep mobil atau ban cadangan berbeda-beda lokasi penempatannya tergantung dari jenis mobil misalnya untuk mobil-mobil SUV ban serep diletakkan di bagian belakang (luar pintu belakang mobil), mobil MPV ban cadangan ditempatkan di bawah (kolong mobil), sedangkan untuk mobil sedan ban cadangan diletakkan di bagasi mobil.
Meskipun letak ban berada di bawah mobil kita harus selalu mengecek kondisi ban serep ini secara rutin (periodik).
Berikut adalah poin-poin yang harus diperhatikan dalam merawat ban cadangan (ban serep mobil):
1. Cek tekanan angin (tekanan udara) ban cadangan minimal tiap bulan sekali, usahakan tekanan angin ban sesuai dengan tekanan yang dianjurkan oleh pabrik ban (biasanya tertera di sisi ban). Jika tekanan angin terlalu berkurang (3 psi dari standart) maka segera isi di pom bensin atau tempat pengisian angin lain.
2. Bersihkan ban serep secara rutin, terutama jika ban cadangan tersebut ditempatkan di kolong mobil tentunya akan mudah sekali kotor, bersihkan dan semir ban serep agar menjaga elastisitas ban (tidak mudah getas). Jika memungkinkan gunakan cover ban serep agar tidak mudah kotor
3. Kondisi ban serep, meskipun ban serep juga harus diperhatikan kualitas ban misalnya ketebalan dinding ban, ban benjol, ban terlalu banyak tambalan, batik ban sudah hilang, dll. Jangan sampai ketika mengganti ban kita menggantinya dengan ban serep yang tidak ready.
4. Cek umur ban, jika ban serep pecinta otomotif masih terlihat tebal akan tetapi umur ban sudah lebih dari 3 tahun sebaiknya diganti. Hal ini berkaitan dengan kualitas (elastisitas) ban yang dimakan usia
5. Jangan lupakan kunci untuk membuka (mengganti) ban cadangan, pengalaman admin pernah lupa memasukkan kembali kunci ban setelah diservice (semalaman mobil tidak bisa berjalan)

1 comment:

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...