Sunday, March 9, 2014

Spek Tata Vista harga dan Kekurangan

Tata Vista merupakan mobil small hatchback yang dikeluarkan oleh PT. Tata Motor Distribusi Indonesia (TMDI) untuk mendongkrak penjualan tata motors indonesia, Mobil satu tipe yakni Vista GZX 1.4 L MT  ini dibekali dengan mesin Safire 1.4 L 4 silinder, teknologi DOHC dengan kapasitas tenaga mesin 1368 cc. 
Bahan bakar yang digunakan tata vista ini adalah petrol atau bensin. 
Mobil ini mampu menampung penumpang 4-5 orang. Tata Vista dihadirkan dengan empat pilihan warna yakni merah, hitam, putih dan silver.
Eksterior Tata Vista
Tata vista ini memiliki dimensi panjang 3850 mm, lebar 1695 mm, tinggi 1550 mm dengan kapasitas bagasi 44 liter dengan 4 pintu. Ukuran ban yang dimiliki mobil ini adalah 175/65 R14. Headlamp yang sipit dan memanjang kesamping mampu menerangi jalanan dengan lebih lebar serta didukung fog lamp yang mampu menerangi saat hujan deras dan juga kabut tebal, perpaduan dua lampu ini membuat mobil mampu melewati kondisi cuaca ekstrim sekalipun.

Desain bumper yang sangat lebar sampai menjorok ke samping body mobil membuat mobil ini dari depan nampak tidak terlihat terpisah bumper dari bodynya (menyatu), ukuran grill yang besar menambah keunikan desain mobil ini.  Pada bagian kaki-kaki mobil Tata Vista menggunakan velg alloy
Interior Tata Vista
Tata Vista memiliki desain interior yang mewah dan elegan dengan perpaduan dua warna yakni hitam dan beige, dasbor warna krem dan emas. Mampu dihuni dengan kapasitas penumpang sekitar 4-5 orang penumpang dengan kabin yang cukup luas dan lega. Adanya layar LCD touchscreen dan MID yang menampilkan subsidi BBM. Kabin yang luas dan mampu menampung penumpang sekitar 4-5 orang.
Jok yang tidak terlalu empuk dan tidak terlalu keras memberikan sebuah kenyaman bagi para penumpang dan pengemudi. Warna beige juga diberikan pada doortrim.
Didukung dengan berbagai fitur seperti audio double-din, koneksi-koneksi seperti bluetooth, AUX, USB. Dan juga fitur-fitur keamanan lainnya seperti rem ABS dan EBD, dual airbag, dan juga ukuran bagasi seluas 232 liter.
Mesin dan Peforma Tata Vista
Tata Vista adalah mobil hatchback di Indonesia yang memakai varian mesin Safire 1.4 L 4 silinder, teknologi DOHC dengan kapasitas tenaga mesin 1368 cc memiliki tenaga 88 - 90 Hp/ 6.000 rpm dan torsi 116 Nm/4.750 rpm dengan transmisi manual 5-speed. Konsumsi BBM mobil ini terbilang tidak terlalu irit yakni 15 km/liter rute jalan bebas hambatan dan 10,5 km/ liter untuk rute jalan dalam kota.
Untuk injakan kopling mobil Tata Vista ini sangat ringan, jadi dapat berhenti dan berjalan dengan mudah di kemacetan. Mobil ini cukup cepat dalam merespon. 
Safety Tata Vista
Tata Vista tidak melupakan yang namanya keamanan. Adanya Dual SRS Airbag yang melindung penumpang dari guncangan akibat tumbukan dan kursi yang nyaman untuk penumpang. Injakan pedal yang ringan untuk pengemudi memberikan kenyamanan dalam berhenti dan melaju di kemacetan.
Memiliki dua kabin yang luas, mampu memberikan ruang lega untuk para penumpang. Dan sabuk pengaman yang berada di setiap kabin.
Harga Baru Tata Vista
Harga mobil Tata Vista sekitar 129,9 juta rupiah, cukup mahal bila dibandingkan dengan mobil-mobil LCGC :-)
Kelebihan dan Kekurangan Tata Vista
Kelebihan mobil ini adalah sistem suspensinya yang mampu meredam guncangan-guncangan yang terjadi di luar, meskipun melewati polisi tidur dan jalan-jalan yang berbatu berbatu mobil ini akan mampu meredam guncangan yang terjadi. Setir yang juga ringan saat akan parkir, mobil ini dibekali dengan power steering yang memperringan putaran setir selain juga bobot mobil yang memang ringan.
Tapi setir yang terlalu ringan ternyata membuat sang pengemudi kesulitan untuk mengetahui gerakan ban.
Kekurangan mobil ini kami rasa cukup banyak ya antara lain:
1. Tidak adanya versi transmisi matic
2. Harga yang cukup mahal jika dibandingkan dengan kualitasnya
3. Tenaga mesin tidak begitu bagus hanya 88 sampai 90 Hp
4. Jaringan Service dan penjualan masih sangat terbatas
5. Purna jual yang belum teruji (biasanya rendah)
6. Konsumsi BBM yang tidak bisa dibilang irit untuk ukuran mobil hatchback dengan tenaga 88 Hp
Rival Tata Vista
* Ford Fiesta Hathcback 1.4 Trend M/T 4 silinder, tenaga 1388 cc 
Tenaga 95 Hp 
Harga Rp. 197.800.000,00.
Kapasitas Silinder 1.497 cc jumlah silinder 4, jumlah katup 16 dengan Teknologi mesin DOHC. 
Harga Rp. 197.150.000,00.
Tenaga 120 Hp
Kapasitas mesin 1500 cc 4 silinder 16 katup 
Harga Rp. 205.500.000,00.

18 comments:

  1. "Tata Vista adalah mobil hatchback di Indonesia yang memakai varian mesin diesel setelah BMW seri 1"
    Bukan mesin bensin?

    ReplyDelete
  2. yg beredar di indonesia yg bensin mas bro, mungkin bisa di revisi, yg diesel tdk di keluarkan di indonesia, dan untuk konsumsi bahan bakarnya perlu di revisi tuh yg paragraf atas bilang boros 15km/liter yg bawah bilang irit 20km/liter yg bener yg mana tuh :)

    ReplyDelete
  3. Bahkan katanya versi diesel nya bisa mencapai 21km\liter yang bener yang mana sebaiknya di test drive dulu ,di Indonesia mobil city car kemampuan dan tenaganya terbatas hanya untuk dalam kota akan tetapi di paksa bahkan sampai keluar kota dan keluar pulau

    ReplyDelete
  4. Malah versi diesel nya 21km\liter ,mobil city car di Indonesii di rancang dan khusus untuk dalam kota dan mempunyai kemampuan terbatsa akan tetapi masyarakat indonesia memaksakan denagan jarak yang jauh bahkan keluar kota bahkan keluar pulau

    ReplyDelete
  5. knapa Lawan rival nya bkn agya ayla bro? Ya kalo sm jazz yaris sih, tentu murah vista lah, sm brio aja sy lbh pilih vista :D. Secara gt jalanan indo yg semi ofroad nya, dgn byk lubang2 n krikil2, juara lah vista di kalangan mbl hatcback. Jgn disamain sm suv yah, beda cerita kalo itu hahaha

    ReplyDelete
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    ReplyDelete
  7. Keunggulan Tata Motors gw akuin dari body kendaraan dan mesin mereka kokoh, gw punya pengalaman buruk dengan Tata Motors di jaman orde lama Tata Motors pernah eksis Di Indonesia bahkan angkutan PPD pernah pake Tata Motors untuk bus ,,gw pernah punya Tata Truck selama 40 Tahun tidak pernah mengallami kerusakan body atau mesin yang fatal ,pengalaman buruk saya mereka pernah datang ke Indonesia dan pergi begitu saja kaya lagunya Mariem Berlina "kau datang dan pergi sesuka hatimu"jika hal ini terulang kembali mobil yang sudah beredar di. Indonesia mw di apakan jangan sampai jadi barang rongsokan dan spare part akan mahal karena impor langsung dari India,kami hanya melayani konsumenya sampain kapanpun dengan sungguh Tata motors bisa menguasai pasar Otomotif Indonesia terutama kalangan menengah

    ReplyDelete
  8. waduh bro itu kekurangannya gak salah ? mobil seharga 135jt,fiturnya juga lumayan lengkap.nah LCGC itu kan untuk mobil dengan CC dibawah 1000.kualitasnya TATA Vista sendiri gue yakin lebih unggul dari LCGC.nah klo ente ngebandingin Tata Vista sama fiesta,yaris,jazz sama aja lo ngebandingin SAPI sama KAMBING..direvisi lagi bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul boss Vista lebih bagus dari manapun, harga kalau ditambah cash back bisa dibawah 120jt atau setara lcgc dengan mesin vista setara jazz yaris, body setara ford hardback lah, dibawa speed 145km per jam tidak goyang karena mesinnya berat hampir 1,2 ton lcgc termasuk datsun beratnya cuma 800 kg.
      Plus dual air bag, head unit blaupunk rds, bluetooth 5 dan velg alloy.

      Delete
  9. TATA VISTA kapasitas tenaga mesin 1368 cc memiliki tenaga 88 - 90 Hp/ 6.000 rpm dan torsi 116 Nm/4.750 rpm dengan transmisi manual 5-speed. ngak yakin bisa 15 km/l luar kota atau 10km/l dalkot coz power dan torsinya inferior banget untuk 1400cc
    --------------------------------------------------------------------------------
    Daihatsu sirion 1.3 M/T
    Mesin : 1298 cc 4 silinder VVT-i
    Bore x stroke : 72x 79.7 mm
    Tenaga maksimum : 92 dk/6000 rpm
    -------------------------------------------------------------------------------
    New Grand Avega
    ENGINE
    - Type Gamma 1,4 DOHC, CVVT
    - Displacements 1,396
    - Compretion ratio 10,5
    - Bore x Stroke Mm 77 x 74,99
    - Max. Power Ps / rpm 108 / 6300
    - Max. Torque Kg.m / rpm 13,9 / 5000
    -----------------------------------------------------------------------------------
    SUZUKI ERTIGA
    Type : K14B (DOHC-VVT)

    Cylinder : 4 in-line
    Number of valves : 16
    cc : 1.373
    Compression Ratio : 1 : 10
    Bore x Stroke mm 73.0 x 82.0
    Max. Power ps/rpm 95/6.000
    Max. Torque nm/rpm 130/4.000
    ------------------------------------------------------------------------
    nah keliatan kan inferior banget power dan torsi TATA ARIA

    ReplyDelete
  10. Saya akan beli mobil Produk tata motors jika tata motors sudah banyak dealernya di daerah jawa barat terutama bandung dan sekitarnya dan wilayah sumatera kawasan bandar lampung untuk menjamin 3 S nya

    ReplyDelete
  11. Kmaren saya dpt hadiah mobol tata vista, enak bgt buat ngebut.

    ReplyDelete
  12. saya baru beli warna putih mas bro sekalian :)
    untuk tampilan exterior saya bilang sesuai selera lah yaa.
    tapi untuk interior, saya lebih memilih vista dibanding jazz dan yaris.

    kelebihan yang saya rasakan:

    - design lampu sangat elegant, dari speedometer sampai headunit dan steer semuanya warna putih.
    - headunit dilengkapi dengan bluetooth, memungkinkan kita menerima panggilan telephone dari kendali steer.
    - kalo bukan harga diskon, di jok kepala depan dilengkapi dengan layar LED. kalo punya saya dapet diskon jadi gapake Layar LED hehehe.
    - bangku kemudi supir dapat ditinggikan sesuai keinginan pengemudi.
    - muat sampai 5 orang dengan kelegaan dibandingkan jazz dan yaris. belakang lega, apalagi depan lebih lega. kalo maksa, 6 orang juga bisa masuk. hehehe.
    - garansi mesin sampai 5 tahun/100.000 km. yang mana duluan aja.
    - 1x24 jam spare part ready. kalo lebih dari 1x24 jam ga ada sparepartnya, GRATIS!!
    - kebetulan saya dapet garansi kaca film 7 tahun dari perfections.
    - depan belakang power window.
    - depan belakang dilengkapi seatbelt.
    - yg paling penting!! AIR BAG nya ada dua mas broo sekalian.
    - suspensi okee!!! kalo dijalan rusak, ga berisik kaya honda atau yaris.
    - AC dua model, Cooler & Heater. yang cooler, dingin abis bis biss.

    pokonya ini mobil enak banget menurut saya. harga bisa dibilang ditengah tengah antara kelas jazz yaris dan kelas agya ayla brio. tapi kepuasan dengan harga segitu, saya bilang oke banget!!

    masalah bensin, ini bukan mobil city car seperti ayla brio dan agya atau lainnya. dengan cc 1400, saya bilang masih lebih irit dibanding jazz dan yaris.

    pokonya saya puas membeli TATA Vista!! dan saya bukan tipe pembeli mobil yang mementingkan nilai harga jual. kalo ga mau rugi, mending beli emas aja, jangan beli mobil hehe.

    ReplyDelete
  13. bro Pondok Gede, thanks ulasannya...sd bro ulas kelebihannya, lantas adakah kekurangannya?. ditunggu ya bro...thanks berat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kekurangannya kaca fog lamp kalau sudah panas kena air tiba tiba pecah tuh kacanya bos, harus nya kalau bahannya kaca harus berjenis pyrex, ngga bisa ganti ban ukuran apv (biar naik 4 cm an.) Ngga masuk di bagasi, tape kalau lagi pakai usb terus starter mobil maka tape akan membaca ulang file, yang lainnya bensin cukup irit lah untuk ukuran bukan city car jalan dari serang ke puncak gunung galunggung ngga pake istirahat aman aman saja (mungkin karena bukan city car) tanjakan curam kayaknya mudah banget (perbandingan rasio ke gear 1&2 kayaknya pas, yang beli mobil lcgc gimana mikir nya yah? Karena kalau menghitung total loss ke pemilikan justru mereka rugi besar walaupun di hitung dari tahun pertama, saya sudah pakai mobil ini dari januari 2014. Mungkin yang pertama di serang/banten.

      Delete
  14. thank you buat agan-agan atas review-nya, ane jadi tertarik untuk beli vista nih, pengen tau after salesnya bagus tidak dan apakah biaya perawatan mahal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. perawatan agak sulit karena jaringan service tata masih sangat terbatas,,,, after salesnya juga jelek.... jarang yang mau beli mobil ini,,,,, mending beli honda brio klo menurut saya probadi atau datsun go panca/ datsun go panca plus lebih terjamin

      Delete
    2. Oh gitu ya. Jadi bingung... pengen beli karena fitur berlimpah dan harga murah, tapi kalo after sales jelek ya mikir lagi deh :-)

      Delete

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...