Saturday, March 9, 2013

Tata Nano Keluar di Indonesia

Tata Nano merupakan mobil murah besutan pabrikan otomotif india (tata motors), beberapa rekan jurnalis telah menemui mobil ini lalu lalang di jakarta bogor, tidak aneh memang usut demi usut ternyata mobil ini sudah keluar dan telah dijual oleh dealer resmi tata di daerah Grogol Jakarta. Sedikit mengulas tentang spesifikasi tata nano, dari segi eksterior mobil ini cukup mungil memiliki panjang 3099 mm menjadikan mobil ini termasuk mobil komersial paling pendek di Indonesia.
Dimensi Tata Nano, panjang 3099 mm, memiliki lebar 1495 mm dan tinggi 1652 mm, memiliki jarak sumbu roda 2230 mm. Mobil ini hanya memiliki kapasitas penumpang maksimum 4 orang saja, uniknya mobil tata nano memiliki ground clearance yang cukup tinggi yakni 180 mm tinggi juga ya seperti mobil SUV saja.
Urusan harga tata nano boleh dibilang mobil paling murah yang mana 2 varian terbawah hanya berada pada kisaran harga 20 jutaan, seperti varian standar BSIII dan BSIV yang dijual dengan harga 23 juta, kemudian varian CX (menengah) yang dijual dengan harga 28 juta rupiah, kemudian varian tertinggi yakni tata nano LX yang dijual dengan harga 33 juta rupiah.
Perbedaan harga ini disebabkan adanya perbedaan fitur yang dibenamkan pada mobil ini misalnya pada varian standar (varian terendah) masih belum dibekali sistem pendingin (AC), sistem safety (power window dan central lock). Sedangkan varian CV (menengah) telah dibekali dengan sistem pendingin (AC), untuk varian LX (varian tertinggi) telah dibekali juga dengan Central door lock dan power window.
Untuk Spesifikasi mesin tata nano, mobil ini dibekali mesin dengan jumlah silinder 2 saja dan memiliki kapasitas masin 625 cc, hem cukup kecil ya hanya memiliki 2 silinder :-). Urusan tenaga, pecinta otomotif jangan terlalu berharap terlalu besar karena mobil ini hanya memiliki tenaga maksimal 35 Ps kira-kira 1/4 tenaga honda jazz (120 Ps). Konsumsi BBM tata nano memang lebih irit dibandingkan mobil-mobil pada umumnya yakni mencapai 23 Km untuk 1 liter pertamax, akan tetapi jika melihat tenaga yang dihasilkan mobil ini rasanya konsumsi BBM 1:23 termasuk boros ya, jika dibandingkan dengan mobil LCGC yang banyak dikeluarkan seperti Mirage yang memiliki konsumsi bahan bakar mencapai 27 Km / 1 liter pertamax bahkan menurut uji terakhir mobil mirage dapat menempuh jarak 43 km untuk 1 liter bahan bakar.
Tata Nano memiliki kecepatan maksimum 105 kilometer / jam, saran mobil ini jangan dipakai untuk cepat-cepat karena teknologi break mobil ini tidak mampu mengatasi jika dipacu pada kecepatan tinggi (bisa nyungsep nanti), mobil ini juga belum dibekali power steering maupun sistem audio jadi jika mengemudi bisa lebih konsentrasi ke jalan :-) just kidding. Meskipun dengan segala kekurangan mobil ini rasanya sudah cukup terbayar dengan harga beli mobil yang relatif sangat murah ini (semua tergantung pembeli).
Suspensi tata nano sudah lumayan karena telah dibekali suspensi yang independen, untuk bagian depan menggunakan Mc Pherson sedangkan suspensi belakang memakai semi trailing arm menggunakan coil spring.
Mobil ini sebenarnya memiliki 3 varian saja Standart, CX dan LX. Akan tetapi tiap varian dibedakan lagi dengan BSIII dan BSIV yang mana untuk BSIII menggunakan bumper berwarna hitam sedangkan BSIV menggunakan bumper yang sewarna dengan body, untuk urusan harga antara BRIII dan BRIV hanya selisih sekitar 100 sampai 150 ribu saja :-)

17 comments:

  1. dealernya tepatnya diman? apa sudah di perjual belikan di jkarta

    ReplyDelete
  2. dimana jual nya??? dimana dealer nya???? minat beli...

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih belum dijual gan ternyata... nantinya dijual di dealer tata, di kota-kota besar seperti jakarta sudah ada dealernya

      Delete
    2. Sya mau nih, bsa kredit kh...? Replay

      Delete
  3. lah, diartikelnya bilang sudah dijual di jakarta daerah grogol, kek apa? artinya harga yg dicantumkan harga di india sono dong! hadeuhhhhhh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane cek kembali ternyata cuman isu mas,,, dealer tata sampai saat ini belum mengeluarkan tata nano,,,maaf.
      yang pengen tahu alamat dealer tata di sini:
      https://tipsmobilbaru.blogspot.com/2013/09/alamat-dealer-tata-motors-indonesia-tmi.html

      Delete
  4. Kira2 kpn di launch di indonesia...

    ReplyDelete
  5. Udah kluar belum gan tata nano nya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kyaknya batal keluar bro...... sulit kyaknya masuk pasar indo

      Delete
  6. Mantap tata nano di tunggu launch nya

    ReplyDelete
  7. Pengin bgt beli tata nano dealer mn yg ready

    ReplyDelete
  8. Bagaimana dengan pembeli di luar Jakarta? Contohnya saya tinggal di Jawa Timur, apakah harus ke Jakarta? Apakah sudah ada perwakilan di Jawa Timur?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya mobil ini tidak jadi keluar,,,sampai sekarang tidak ada kelanjutannya

      Delete
  9. Tpn.+6285292555559
    Kami pesan mobil tata nano LX BSIV.
    10 Unit.ini series.
    Email: luxenda@gmail.com
    Perhatian
    Jangan melanggar prosedur dan harus sesuai brosur yang di tetapkan. (bandrol 33,? Jt).

    ReplyDelete
  10. Pesan tata nano.LX BSIV sebanyak 10 unit. +62852924555559

    ReplyDelete
  11. Mz saya mau pesan mobil tata nano ada

    ReplyDelete

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...