Friday, March 29, 2013

Merawat Karet dan Kaca Mobil

tipsmobilbaru.blogspot.com - Karet pada kaca mobil seringkali kotor yang mengakibatkan kaca mobil menjadi seret atau sulit untuk dinaikkan ataupun diturunkan, hal ini sering terjadi pada mobil-mobil bekas yang cukup berumur. Gejala kaca seret pada mobil bisa disebabkan oleh kondisi karet yang sudah  tidak optimal lagi, biasanya karet retak atau pecah-pecah, bisa juga disebabkan oleh debu yang menempel pada karet mobil.

Kali ini tipsmobilbaru.blogspot.com akan memberikan tips bagaimana membersihkan kotoran pada karet jendela mobil, caranya cukup sederhana, berikut alat dan bahan yang digunakan
Alat:
* Botol plastik
* Selang kecil
* Sikat gigi
* Lap bersih
Bahan:
* Air bersih
* Shampo
Berikut adalah cara membersihkan karet pintu mobil:
1. Turunkan kaca mobil dan lumuri lumuri karet kaca mobil dengan air secukupnya, sikat sedikit dengan sikat gigi. Air yang digunakan adalah air bersih yang dimasukkan dalam botol plastik yang mana ujung botol plastik disambung dengan selang
2. Setelah itu lap kotoran dengan lap bersih
3. Campurkan shampo pada air dalam botol sehingga air dan shampo berbaur, kemudian teteskan ar shampo tadi pada karet di pintu mobil yang telah di lap tadi. Setelah air shampo diteteskan merata, sikat karet tadi dengan sikat gigi agar kotoran (kerak+debu) juga ikut luntur, setelah kotoran sudh dibersihkan lap kembali dengan lap yang tadi disiapkan hingga kering dan bersih
4. Pada tahap ini karet sudah bersih dan kaca akan lebih mudah di naik atau turunkan, jika menginginkan yang lebih licin bisa dilumuri menggunakan oli dengan kadar SAE 10 (gunakan yang masih baru), tetap gunakan selang untuk melumuri karet dengan oli dan jangan lupa di lap.
Merawat karet mobil di atas dapat bermanfaat pada terpeliharanya power window agar tidak mudah aus, hal ini juga dapat merawat karet agar lebih tahan lama dan tidak mudah keluar saat kaca mobil dinaikkan.

2 comments:

  1. Olesi OLI???
    oli bukannya justru merusak karet, yang baik bukannya pakai silikon yang biasa untuk semir ban???

    ReplyDelete
  2. Ma'af, Artikel ini menurut saya bukannya membuat awet karet2 pada kaca mobil namun justru sebaliknya malah merusak. Oli adalah bahan yang sangat berbahaya bagi karet2 kecuali karet yg mmg khusus utk oli spt Seal2 pd mesin. Karet2 interior dan exterior mobil adalah karet biasa yg akan cepat menjadi getas atau bahkan melunak dan hancur bila terkena Oli. Sebaiknya karet2 interior dan eksterior mobil dirawat dengan cairan khusus. Utk karet2 interior dpt digunakan cairan khusus utk dasboard dan utk karet eksterior dpt digunakan silikon utk semir ban.

    Demikian semoga bermanfaat...

    ReplyDelete

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...