Tuesday, October 25, 2011

Cara Cek Mobil Matic sebelum Membeli

Jika kamu ingin membeli mobil matic yang bekas tentunya masih bingung bagaimana cara mengetahui apakah mobil ini masih bagus atau sudah rusak karena masih sedikit mobil matic di indonesia, dan orang yang berpengalaman dalam memeriksa mesin matic juga sedikit. tapi tidak ada salahnya kamu melihat tips berikut untuk pertimbangan sebelum membeli mobil matic bekas:

Pertama, coba nyalakan mesin mobil. Matikan AC, tape, dan suara yang lain, dengarkan. Bila terdengar bunyi nging lama, tandanya sistem transmisi rusak. Tapi, bila tak ada suara selain mesin, berarti transmisi mobil bagus.

Kedua, coba masukkan tuas transmisi, dengan tidak menginjak rem, dari posisi P (parkir) ke R (mundur). kemudian pindahkan dari posisi R ke D (maju). Bila saat perpindahan transmisi terjadi hentakan keras, itu tandanya transmisi telah rusak. Jangan dibeli.

Ketiga, Buka kap mesin, lihat ada kebocoran oli transmisi atau tidak. Bila bocor, kerusakan sudah fatal. cari mobil yang lain.

Selain mengecek sistem transmisi, kita juga harus mengecek kondisi mesin, caranya cukup mudah yakni:

1. Hidupkan mesin, saat menghidupkan mesin ini amati apakah lancar distarter atau tidak...jika lancar berarti dinamo starter masih baik. Jika saat distarter ada bunyi kasar kemudian setelah hidup normal ini artinya dinamo starter perlu di service

2. Dengarkan suara mesin: jika suaranya halus, artinya mesin dalam kondisi yang terawat. Perhatikan jika ada suara mesin kasar seperti tik tik tik, curigalah karena itu ring piston atau piston sudah bermasalah... Biaya memperbaiki piston atau ring piston ini cukup menguras kantong karena harus turun mesin, biaya jasa untuk turun mesin mobil jimny diatas 3 juta rupiah belum lagi sparepartnya. Untuk mobil-mobil mahal maka biaya turun mesin ini juga tambah mahal

3. Lihat knalpot: cobalah ke belakang mobil lalu coleklah bibir knalpot bagian dalam apakah ada jelaga (angus) hitam atau tidak, jika ada jelaga artinya pembakaran mobil sudah bermasalah.

Jika knalpot masih bersih (tidak ada angus/ residu yang menempel) maka mesin dalam keadaan baik

4. Masih di knalpot, cobalah gas dengan lebih dalam pada putaran mesin 4000 -5000 Rpm, jika keluar asap hitam berarti mesin moil bermasalah, jika tidak ada asap yang keluar berarti pembakaran dan pengapian mobil masih bagus.

5. Cek ke kolong mobil: apakah ada rembesan oli pada bagian bawah mesin, biasanya semua rembesan oli akan terlihat jika kita mau ke bawah mobil karena semua cairan pasti akan menuju bawah... jika ada tetesan oli lebih baik urungkan beli mobil itu karena admin tipsmobilbaru.blogspot.com pernah beli mobil olinya menetes biaya perbaikan banyak banget broo...

13 comments:

  1. Untuk mobil matic tipe Honda CRV pada saat nanjak 45 Derajat posisi di 'D' tanpa di ijak gas, rem dan hand rem harus nya mundur tidak apa tidak? kemaren waktu aku di suruh nyoba kok mundur ya? mohon petunjuk. soalnya utk type Jazz dan Xenia punyaku tetap di tempat tidak mundur sama skali. Mohon di bantu gan penjelasannya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemampuan mobil berbeda-beda, terutama untuk mobil baru.. bawah saya mungkin ada yang pernah nyoba CRV

      Delete
    2. Seharusnya tidak...sy punya crv 2003 kalau berhenti di lampu merah agak menanjak posisi D kadang masih harus direm

      Delete
  2. Bro, kalo lagi posisi tuas transmisi di P trus injak rem ada bunyi nya, tek gitu, itu kenapa ya?

    ReplyDelete
  3. Kaga di jawab nih pertanyaan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba bandingkan dengan mobil lain yang serupa mas bro, apakah pada mobil kamu aja atau yang lain juga mengalami,,
      mungkin masalah pada rem kotor atau gimana... cek aja mas bro, sekalian service rutin sekalian ditanyakan pada teknisinya

      Delete
  4. Situs Jual Beli Mobil Dan Motor Gratis
    Ini dia tempat jual beli mobil dan motor gratis selamanya,banyak penjual dan calon pembelinya sudah pasti mobil/motor Anda cepat laku,dan bagi pembeli sudah pasti mendapat kepuasan,cek aja websitenya!.Situs Jual Beli Mobil Dan Motor Gratis

    ReplyDelete
  5. Kalo perpindahan dari R ke D ...kok kasar kenapa...tadinya padahal tidak kasar....dab keluar tanda engine...dan temperatur itu kenapa ya...padahal cuma pasang TOA di dalan kabin...mohon bantuanya gan...thx

    ReplyDelete
  6. untuk pemindahan . dari R ke D.ada suara kasar dan hetakan .. itu berarti sudah pasti kampas selip.. dan kalu tidak mau ber gerak saat tuas sudah masuk gigi .. coba kalia cek oli dan body valve,pasti kotor perlu di servis.. untuk konsultasi seputar mobil matic bisa tlpn. bp.heri 085 326 277 853 untuk seputar semarang.

    ReplyDelete
  7. Saya punya crv 2003 matic kalau ada tanjakan di lampu merah posisi D sama sekali tidak melorot bahkan cenderung mau jalan kadang masih harus direm

    ReplyDelete
  8. aku punya honda jazz taun 2012, klo mas bisa service atau pembetulan kerusakan bisa atau tidak pengerjaanya ditempat saya, tlong info ke email saya di? edisuprapto127@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  9. Aku punya crv matic 2003 . Waktu mbl jalan kadang lampu D bisa padam lalu hidup lagi . Kadang mesin nya juga mati . Jadi macam mbl manual . Saya udah bawa ke dealer lom ketemu penyakit nya, klw ada yg tau mohon share. Thx q .

    ReplyDelete
  10. Selamat siang, saya baru beli avanza matic 2011, namun ditemukan rembesan oli di bagian tampung oli matic, kira-kira sebab paling umum apa ya pak, biaya perbaikanya apakah mahal, terima kasih

    ReplyDelete

Perbedaan D-Tracker dan KLX 150: Ban, Velg, Rem, Gir, Suspensi

Kawasaki KLX 150 dan D-Tracker sebenarnya adalah motor kembar baik mesin, sasis, rangka, body, desain yang mana keduanya dibangun dari plat...